Kamis, 28 Februari 2019 11:18 WIB

Venesia Terapkan Biaya Masuk untuk para Turis

Editor : Eggi Paksha
Wisatawan di Venesia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dewan Venesia mendukung penerapan biaya masuk untuk para turis demi membantu membiayai perawatan situs warisan dunia itu.

Langkah ini merupakan yang pertama kali dilakukan untuk kota di Italia tersebut. Sebanyak 25 juta turis masuk ke kota itu setiap tahun. Sebanyak 14 juta turis itu hanya satu hari berada di sana. Banyak yang membawa makanan sendiri sehingga tak ada pendapatan bagi bisnis lokal.

Para anggota dewan telah mendukung penerapan biaya masuk saat rapat pada Selasa (26/2) malam. Biaya masuk yang akan dikenakan pada para turis itu adalah membayar 3 euro untuk masuk Venesia pada tahun ini.

Biaya masuk itu akan naik antara 6-10 euro mulai awal 2020, tergantung jumlah turis yang masuk pada saat musim ramai atau sepi pengunjung. “Ini titik balik penting dalam manajemen aliran turis Venesia,” ungkap Walikota Luigi Brugnaro yang mendukung kebijakan ini.

Populasi di Venesia turun drastis dalam beberapa dekade dari sekitar 175.000 orang setelah Perang Dunia II menjadi sekitar 50.000 orang saat ini. Sisa warga yang masih tinggal di sana sangat mengeluhkan bahwa kota mereka sudah kebanyakan turis, sementara mereka harus membayar tagihan untuk kebersihan dan keamanan kota.

Dewan kota awalnya tidak tahu pasti bagaimana mereka akan mengumpulkan dana itu, tapi Brugnaro menyatakan perusahaan-perusahaan travel dan transportasi yang membawa para turis akan menambah biaya masuk itu pada harga tiket perjalanan.

Pengecualian dari biaya masuk itu akan diberikan pada para turis yang menginap di hotel-hotel lokal yang telah membayar pajak turis pada biaya menginap mereka. Biaya masuk juga tidak akan diterapka npada anak di bawah umur enam tahun.(ist)


0 Komentar