Jumat, 22 Februari 2019 14:07 WIB

Turunkan Berat Badan? Ini Kuncinya

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet tinggi protein dan rendah kalori membantu lansia dengan obesitas menurunkan lebih banyak berat badan, mempertahankan lebih banyak massa otot, meningkatkan kualitas tulang dan menghilangkan lemak jahat.

Selama ini dokter mencari cara merekomendasikan penurunan berat badan yang aman untuk lansia karena penurunan berat badan dapat menyebabkan hilangnya otot dan tulang pada lansia.

"Dokter ragu untuk merekomendasikan penurunan berat badan karena takut kehilangan otot dan tulang dapat menyebabkan masalah mobilitas atau meningkatkan risiko cedera," kata Kristen Beavers, Asisten Profesor di Wake Forest University di AS seperti dilansir dari Times Now News.

"Studi ini menunjukkan bahwa diet tinggi protein dan rendah kalori dapat memberikan lansia manfaat kesehatan dari penurunan berat badan sambil menjaga otot dan tulang yang mereka butuhkan untuk kualitas hidup yang lebih baik seiring bertambahnya usia," tambah Beavers.

Penelitian ini dilakukan pada hampir 100 orang dewasa berusia di atas 65 tahun. Temuan yang dipublikasikan dalam Annals of Nutrition and Metabolism ini, menunjukkan bahwa responden kehilangan sekitar 18 pon, sebagian besar lemak (87%), dan mempertahankan massa otot. Sedangkan kelompok kontrol kehilangan sekitar setengah pon.

Responden dapat mempertahankan massa tulang bahkan ketika mereka kehilangan berat badan. Faktanya, skor tulang trabekuler atau ukuran kualitas tulang yang memprediksi risiko patah tulang, tampaknya membaik.

Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa lemak pada perut, pinggul, paha dan belakang hilang. Di mana hal tersebut dapat mencegah atau mengendalikan penyakit kardiometabolik seperti diabetes dan stroke. Skor responden pada Indeks Penuaan Sehat, yang mengukur biomarker yang memprediksi kematian dan umur panjang juga ditemukan alami peningkat.(ist)


0 Komentar