Kamis, 21 Februari 2019 11:01 WIB

Survei LSI Denny JA; PDIP Kuasai Pileg 2019

Editor : Rajaman

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbaru menyebut Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan memenangkan Pemilihan Legislatif Pileg 2019. Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar mengatakan, partai berlambang Banteng Moncong Putih itu meraih elektabilitas 23,7 persen.

"Jika pemilu dilaksanakan pada hari ini, maka yang akan menjadi juara pemilu legislatif adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan perolehan suara 23,7 persen,"  kata Rully dalam rilis hasil survei bertajuk Dukungan Partai dan Pergeseran Dukungan di Enam Kantung Suara, di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Rabu (20/2/2019(.

PDIP unggul jauh atas pesaing terdekatnya, Partai Gerindra. Partai besutan Prabowo Subianto itu memperoleh 14,6 persen. Posisi berikutnya adalah Partai Golkar 11,3 persen, Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB 8,2 persen, dan partai pemenang Pemilu 2019 lalu yakni Partai Demokrat 5,4 persen.
"Partai lainnya, masih di bawah lima persen," tegas Rully.

Rully menjelaskan, Partai Nasdem 4,5 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 4,0 persen,  Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebesar 3,6 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 3,5 persrn, dan Partai Amanat Nasional (PAN) 1,5 persen.

Partai peserta Pemilu 2019 lainnya yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Berkarya, Partai Bulang Bintang (PBB), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia Indonesia (PKPI) angka dukungan masih di bawah satu persen. 

"Yang menyatakan tidak tahu, tidak jawab atau belum memutuskan di angka 18,4 persen," terangnya.

Hasil  tracking survei per bulan LSI Denny JA selama enam bulan atau  Agustus 2018-Januari 2019 memperlihatkan keunggulan PDIP.

Rully menjelaskan, PDIP stabil memimpin dengan selisih sekitar 10 persen dibandingkan partai rangking kedua yaitu Partai Gerindra. Nasdem memimpin partai lama di luar lima besar (PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Demokrat). Di partai lama ini ada Nasdem, PKS, PPP, PAN, HANURA, PBB, dan PKPI.

Untuk partai baru atau yang baru ikut pemilu, Perindo memimpin dan mulai menanjak. Di partai baru ini ada Perindo, Garuda, Berkarya, dan PSI.

Survei dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia 18 - 25 Januari 2019 menggunakan 1200 responden. Survei menggunakan metode multistage random sampling. Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitatif dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA. (Zar)


0 Komentar