Jumat, 15 Februari 2019 23:07 WIB

Tegaskan Mitra PJSI, Lima Negara Asing Ikuti Festival IJC di Karawang

Editor : Eggi Paksha
Jumpa pers Indonesia Judo Community (IJC). (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) yang pertama, Indonesia Judo Community (IJC) pada 23-24 Februari mendatang akan menggelar Festival Judo di Resinda Park Mall Karawang, Jabar.
 
Festival yang menurut rencana akan dibuka Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu akan diikuti 400 peserta dalam negeri dan 50 peserta asing. Lima negara yang ambil bagian dalam Festival Judo ini adalah Filipina, Malaysia, Singapura, Taiwan dan  Cina.
 
Namun Presiden IJC, Arnold Silalahi, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (15/02), mengaku agak sedih dan kecewa. Pasalnya pelaksanaan Festival Judo ini berbenturan dengan Kejurnas yang digelar PJSI di Kelapa Gading.
 
Arnold berharap ke depan pelaksanaan Festival dengan Kejurnas tidak berbenturan jadwalnya. Kondisi ini jelas membuat daerah-daerah dan klub-klub judo tidak nyaman. Padahal sejak awal IJC itu memposisikan diri sebagai mitra PJSI.
 
“Kami tidak di bawah kepengurusan PJSI. IJC itu selevel. Kami punya misi untuk memasyarakatkan olahraga judo di Tanah Air,” kata Arnold Silalahi yang didampingi Ketua Bidang Media, Aji Kusmantri itu.
 
Namun demikian, lanjut Arnold, IJC selalu mengedepankan kepentingan judo Indonesia di atas segala-galanya. Oleh karenanya, IJC hanya sebatas memberi masukan dan kritikan saja demi kemajuan judo Indonesia.
 
Pada Festival yang bekerjasama dengan PJSI Jabar itu, ada dua kategori yang dipertandingkan yakni kelompok Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 

Sejak awal berdirinya IJC seperti dikatakan Arnold, tujuan utamanya adalah  memperkenalkan olahraga judo ini kepada masyarakat.”Makanya kenapa kejuaraan ini diselenggarakan di mal agar masyarakat luas dapat menyaksikan langsung dan informasi lebih,” tambah Arnold.


Dalam Festival ini juga dilaksanakan perlombaan kompetisi tari dengan tema judo. Maksud dari dance competition ini demi menjaring kreativitas generasi muda dalam mengembangkan kesenian dan olahraga.

Selain itu juga IJC akan menghadirkan salah satu legenda hidup judo Indonesia, Krisna Bayu. Judoka yang tiga kali tampil di Olimpiade, peraih medali emas di empat SEA Games dan juara Asia itu akan memberikan pelatihan singkat kepada para atlet judo usia muda.(ist)


0 Komentar