Rabu, 16 Januari 2019 14:36 WIB

Anies Ingin Taman Bawah Kolong Tol Dikelola dengan Baik

Editor : Eggi Paksha
Taman skatepark yang berada di kolong flyover Slipi Petamburan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnes.com- Pemerintah Provinsi (Provinsi) DKI Jakarta berencana menyulap kolong-kolong flyover tol di Jakarta menjadi taman bermain yang asyik.

DKI sudah memulainya dengan taman olahraga skateboard (skatepark) di kolong Flyover Slipi, Petamburan, Jakarta Barat. "Ya, kita berharap satu satu. Tapi kita itu inginnya berbagi hasil dulu. Saya enggak mau menceritakan panjang-panjang soal rencananya. Sudah jadi, tunjukin," tegas Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Menurut Anies, pada taman-taman bawah kolong tol yang sudah jadi akan dievaluasi kembali segala kekurangan yang ada. "Begitu kita lihat nanti penggunaannya, kemudian kita belajar apa yang kurang, sehingga nanti ketika kita membuat lagi di tempat lain, tidak mengulangi bila muncul kekurangan di tempat itu," tegasnya.

Mantan Mendikbud itu ingin agar tidak sekadar membuat taman saja, namun harus bisa dikelola dengan baik.
Misalnya, masyarakat harus dilibatkan dalam perawatan.

"Komunitas mana saja yang bisa dilibatkan dalam penggunaan? Kemudian perawatan seperti apa? Lalu pihak pengelola tolnya bagaimana? Ini mumpung ada satu tempat. Lebih baik small but manageble, dari pada large tapi unmanage. Kita lakukan dalam satu tempat dulu," tegasnya.

Beberapa hari ini taman skatepark yang berada di kolong flyover Slipi Petamburan kini viral di medsos.Taman yang menghabiskan dana hingga Rp800 juta itu dianggap sebagai tempat nongkrong yang asyik bagi warga maupun pecinta papan luncur.

"Dari situ pasti dalam waktu tidak lama lagi, kita punya pelajarannya. Dari situ baru kita lakukan replikasi di tempat-tempat lain. Jadi jangan buru-buru langsung dikerjakan di semua tempat, ternyata ada hal yang harus kita koreksi," katanya. 

Saat ini memang belum ada koreksinya lantaran masih baru. Anies yakin dalam satu dua pekan ini pasti ada feedback (masukan) tentang pemanfaatan taman itu. 

"Sekarang saja saya sudah dapat feedback daria skateboard, tentang desainnya, tentang formatnya, itu menjadi bahan bagi kita. ini sebuah percontohan tapi juga sekaligus untuk uji coba," pungkas Anies.(ist)


0 Komentar