Selasa, 08 Januari 2019 12:38 WIB

KPK Rencanakan Beli 100 Borgol Baru

Editor : Eggi Paksha
Borgol jempol hingga pergelangan tangan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggarkan Rp10 juta untuk pengadaan borgol pada 2019.

Anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk membeli 100 borgol baru. Juru bicara KPK, Febri Diansyah menjelaskan, saat ini borgol yang KPK miliki baru sekitar 30. Borgol tersebut terdiri dari borgol jempol hingga pergelangan tangan.

"Ada proses pengadaan atau pembelian yang dilakukan KPK sehingga di 2019 ini kami melakukan pengadaan untuk sekitar 100 unit borgol pergelangan tangan lagi dan nilainya masih di bawah Rp10 juta termasuk sudah untuk kewajiban pajak pembelian tersebut," ujar Febri saat dikonfirmasi, Selasa (8/1/2019).

Febri mengungkapkan, proses pembelian borgol baru ini tidak akan memerlukan tahap lelang. Karena menurutnya nilai belanja borgol diperkirakan tak sampai Rp10 juta. "Bisa dilakukan pembelian dengan harga paling efisien," imbuh Febri.

Kebijakan KPK untuk mengenakan borgol pada tahanan berlaku sejak awal 2019 ini. Dengan kebijakan baru ini, para tahanan tidak hanya menggunakan rompi oranye tapi juga wajib memakai borgol selama keluar dan masuk Gedung KPK.(ist)


0 Komentar