Selasa, 08 Januari 2019 12:27 WIB

Dunia Usaha Nasional Diminta Tak Lagi Lalah oleh Negara Tetangga

Editor : Eggi Paksha
Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) terus mendorong peningkatan daya saing usaha Indonesia di dunia internasional.

Wapres meminta dunia usaha nasional dapat mengambil kesempatan yang ada sehingga tidak lagi kalah oleh negara tetangga.

"Bagaimana kita mengatasinya, bagaimana kita menggerakan masyarakat ini berinvestasi, kalau Vietnam booming akibat perpindahan pabrik (dari China) kenapa kita tidak? Kenapa Thailand ekspor lebih tinggi dari kita. Kenapa Malaysia pertumbuhannya lebih tinggi dari kita, jadi kita harus bisa selesaikan masalah ini," tegas JK dalam diskusi Outlook Perekonomian Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Wapres mengatakan, dalam hal ini pemerintah harus dan akan membuat regulasi yang menguntungkan dunia usaha sehingga dapat menggenjot daya saing.Di sisi lain, kualitas sumber daya manusia juga akan terus ditingkatkan sehingga lebih kompeten.

"Partipasi pemerintah dalam hal ini adalah membuat regulasi, pengusaha melakukan kegiatan perdagangan dan perbankan untuk membiayai semua ini. Sedangkan akademisi memberikan pikiran dan pandangan yang objektif," cetusnya.

Dia menyebutkan ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh Indonesia. Ketiga hal itu pun pernah diterapkan China yang membuat Negeri Panda itu sukses memajukan daya saing usahanya.

"Tidak bisa kita hindari memang masalahnya semua negara berpikir yang sama, maka timbullah persaingan. Dalam persaingan ada tiga komponen yang penting, bisakah kita bisa memproduksi lebih baik, lebih cepat dan lebih murah. Dengan begitu baru kita bisa memenangi persaingan itu," tegasnya.(exe/ist)


0 Komentar