Rabu, 02 Januari 2019 13:03 WIB

Investor Diminta Melangkah Lebih Optimistis di 2019

Editor : Eggi Paksha
Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Darmin Nasution. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Perekonomian meminta para investor untuk melangkah lebih optimistis di 2019.

Sebab, rintangan global yang ada di 2018 diharapkan sudah mereda pada tahun baru ini. Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan berbagai sentimen baik normalisasi kebijakan moneter di Amerika Serikat (AS) dan negara maju lain maupun karena perang dagang mewarnai tahun 2018.

Selain itu, ada perubahan harga komoditas untuk menjadi sentimen sepanjang tahun lalu. "Kita masih tetap mencapai pertumbuhan ekonomi yang baik. Kembali awali langkah di awal 2019 dengan penuh semangat dan optimisme tahun ini lebih baik dari 2018 di tengah gejolak perekonomian global," ujarnya di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Darmin menjelaskan, kendati di Asia Tenggara, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal III/2018 agak sedikit di bawah Filipina dan Vietnam. Namun, dari Malaysia dan Thailand masih lebih baik. "Kita bisa kendalikan inflasi secara bertahap dan beberapa tahun terakhir inflasi tidak kita khawatirkan lagi. Meski awal tahun lalu beras mempengaruhi inflasi kita," terang dia.

Sementara pada awal tahun ini, lanjut Darmin, ada tarif angkutan dan harga telur ayam yang meningkat. Kendati demikian, tahun ini angka inflasi dinilainya pasti lebih rendah. "Karena inflasi November tahun 2018 sama dengan sebelumnya dengan gejolak harga beras tahun lalu. Saya yakin inflasi kita akan di bawah tahun lalu dengan semakin kita mempersiapkan target inflasi kearah lebih rendah," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar