Kamis, 13 Desember 2018 11:58 WIB

Menkeu Sri Tingkatkan Kewaspadaan

Editor : Eggi Paksha
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pada tahun 2019.

Dia pun menegaskan bakal mengejar target ekonomi yang belum tercapai pada tahun depan. Hal itu dikarenakan ketidakpastian perekonomian global, membuat Pemerintah terus meningkatkan kewaspadaan dalam pengelolaan keuangan negara agar momentum pertumbuhan terjaga dengan baik.

"Perbaikan tersebut akan kita lanjutkan pada tahun 2019 untuk mengejar target-target yang masih harus dituntaskan," ujar Sri Mulyani dalam akun media sosialnya, di Jakarta, Kamis (12/12/2018).

Sambung dia, menambahkan Pemerintah terus meningkatkan kewaspadaan dalam pengelolaan keuangan negara agar momentum pertumbuhan terjaga dengan baik, mampu menyesuaikan dengan tantangan global. Ditambah melindungi masyarakat yang paling rentan dan tertinggal, mendorong produktivitas, serta meningkatkan daya saing ekonomi.

"Pemerintah tetap mengefektifkan peran kebijakan fiskal dalam mendorong perekonomian, melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas belanja negara, sehingga tetap memberikan dorongan yang optimal bagi perekonomian nasional," paparnya. 

Mantan Direktur Bank Dunia itu mengutarakan, defisit keseimbangan primer terus membaik yang ditandai dari minus Rp93,3 triliun pada tahun 2014 menjadi diperkirakan minus sekitar Rp15,4 triliun pada tahun 2018 serta defisit anggaran yang turun dari 2,25% terhadap PDB pada tahun 2014 menjadi diperkirakan sekitar 1,86% pada tahun 2018. "Hal ini merupakan penanda bahwa APBN kita semakin sehat," jelasnya.(exe/sndo)


0 Komentar