Kamis, 06 Desember 2018 13:51 WIB

Krisis Ekonomi Global Diibaratkan Seperti Es Krim yang Meleleh

Editor : Eggi Paksha
Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengibaratkan krisis ekonomi global seperti es krim yang meleleh.

Hal ini pernah terjadi tahun 2008-2009 yang membuat ekonomi dunia terguncang imbas krisis pasar keuangan di Amerika Serikat yang menular ke berbagai negara.

Kejadian tersebut melatarbelakangi pembentukan G20 dalam mneyelamatkan krisis ekonomi dunia imbas dari krisis keuangan AS yang sangat memprihatinkan.

"Tahun 2008 terjadi krisis finansial global, mengancam perekonomian dunia secara nyata. Sehingga terjadi inisiatif pembentukan G20 yang dilakukan oleh Presiden AS George Bush Jr. Saat itu, keadaan ekonomi dunia sangat kritis sehingga para pemimpin G20 diundang untuk melakukan pertemuan," terang Sri Mulyani di Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12/2018).

Sambung dia, dengan adanya pembentukan G20 membuat beberapa pemimpin menyepakati kebijakan dalam menyelamatkan ekonomi dunia. Hal itulah yang sangat dimanfaatkan oleh Indonesia.

Pembicaraan waktu itu membahas bagaimana menyelamatkan ekonomi dunia karena saat itu terjadi kebangkrutan Lehman Brothers yang berdampak ke pasar keuangan dan pasar saham. Dan menjalar ke ekonomi negara maju lainnya. Sehingga perlu penanganan bersama-sama para pemimpin G20 untuk menyepakati suatu kebijakan menyelamatkan ekonomi dunia.(exe/ist)


0 Komentar