Rabu, 28 November 2018 20:27 WIB

BASRI Jabarkan Alasan Ronaldinho Sepakat Tampil di Palembang

Editor : Yusuf Ibrahim
Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri), Eddy Sofyan (kiri) dan Alex (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilanews.com- Pesepakbola dunia asal Brasil, Ronaldinho, menyepakati kontrak untuk menyambangi Palembang, Sumatera Selatan, pada April 2019.
 
Ia akan memberikan pelatihan sekaligus memperkuat Tim All-Star Legend pada turnamen Alex Noerdin Cup.
 
Ketua Umum Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri), Eddy Sofyan, selaku promotor kegiatan tersebut, mengatakan jika ajang sepak bola yang sudah familiar di Sumatera Selatan ini akan digulirkan kembali, namun pada 2019 akan tampil beda yakni mendatangkan pemain sepak bola kelas dunia.
 
"Sebelumnya kami merencanakan Ronaldo (pesepak bola Brasil), tapi karena ada kekhawatiran keluarganya terkait kasus pesawat Lion Air yang jatuh, akhirnya kami beralih ke Ronaldinho," kata Eddy di Jakarta, Rabu (28/11/2018).
 
Ia mengatakan Ronaldinho sudah mengirimkan persetujuannya secara resmi dalam bentuk surat untuk mendatangi Indonesia. Beberapa agenda sudah disetujui di antaranya, coaching clinic, pemberian bantuan sosial ke rumah sakit dan panti asuhan, promosi daerah dan talk show dengan media massa.
 
"Pekan depan, saya akan ke Madrid (Spanyol) untuk tanda tangan kontraknya. Pada prinsipnya tidak ada masalah lagi karena secara personal Ronaldinho juga orangnya tidak kaku. Kami juga akan mengusahakan agar bisa ketemu Presiden RI Jokowi," ujar dia.
 
Eddy mengatakan, kehadiran Ronaldinho ini tak lain untuk menggairahkan sepak bola di Sumsel, bahkan di Tanah Air, seperti yang diharapkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin periode 2008-2018.
 
Selain itu, Ronaldinho diharapkan menjadi sosok inspirasi para pesepak bola di Sumsel untuk menjadi pesepak bola profesional yang andal. Untuk itu, Ronaldinho direncanakan akan memberikan coaching clinic dengan anak-anak usia U-12 hingga U-14.
 
"Ada sekitar 200 orang anak yang akan ambil bagian. Saat ini saja kami sudah kewalahan menerima permintaan para orangtua dari Surabaya dan Jakarta," kata dia.
 
Turnamen sepak bola Alex Noerdin Cup akan bergulir di 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan. Nantinya, dari setiap kabupaten akan diambil dua pemain terbaik untuk pembentukan Tim Sepak Bola Sumsel.
 
Tim yang berisi pemain terbaik Sumsel ini akan berhadapan dengan Tim AllStar Legend yang diperkuat Ronaldinho di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada pertengahan April 2018.
 
Dalam Tim Allstar ini juga ada mantan pemain Sriwijaya FC kiper Ferry Rutinsulu, Isnan Ali, Charis Yulianto, Vijai, Diego Mitchel, dan Ponaryo Astaman.
 
"Ini menjadi kebanggaan sendiri bagi Sumsel yang bisa mendatangkan pemain kelas dunia. Tentunya ini menjadi penggerak kembali bagi Sumsel setelah sebelumnya menggelar Asian Games," kata Eddy Sofyan.
 
Sementara itu, duta klub asal Spanyol Barcelona ini diprediksi akan dibayar US$ 500 ribu (Rp 7,2 miliar) "Angka pastinya tidak bisa disebutkan. Tapi kan ini laga amal, pengalaman saya tidak mahal, sambungnya.
 
Sementara itu, Alex Noerdin menjelaskan, sangat menantikan kehadiran Ronaldinho di Palembang.  Alex Noerdin Cup akan bergulir di 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan. Nantinya, dari setiap kabupaten akan diambil dua pemain terbaik untuk pembentukan Tim Sepak Bola Sumsel. Tim yang berisi pemain terbaik Sumsel ini akan berhadapan dengan Tim All-Star Legend yang diperkuat Ronaldinho di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada pertengahan April 2018.
 
"Ini murni untuk sepak bola kita agar lebih maju. Banyak pelajaran yang bisa didapat dari Ronaldinho, yang memiliki banyak prestasi dunia. Jadi bukan untuk posisi Ketum PSSI yang disebut-sebut banyak orang. Bahkan, niatnya saja saya tidak punya," tutupnya.(exe)

0 Komentar