Rabu, 21 November 2018 18:06 WIB

DPR Tanggapi Pernyataan Amien Rais yang akan Jewer Ketua Umum PP Muhammadiyah

Editor : Yusuf Ibrahim
Amien Rais. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pernyataan Penasihat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Amien Rais, yang akan menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, jika lembaganya tak bersikap dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 dinilai sekadar bercanda. 

"Itu bercanda tingkat dewa itu. Kita enggak bisa mengintepretasi," ujar Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Menurut dia, Amien Rais dengan Haedar Nashir memiliki hubungan khusus dan pengalaman khusus. Kemudian, dia mengatakan, pernyataan tersebut dalam lingkup para pimpinan negarawan Muhammadiyah yang sudah teruji dalam sejarah.

"Mereka punya bahasa-bahasa yang pada akhirnya nanti menjadi hikmah bagi kita. Jadi enggak bisa kita yang mengintepretasi. Jadi harus ditanya kepada mereka," tutur politikus asal Nusa Tenggara Barat ini.

Sebelumnya, pernyataan Amien Rais yang mengatakan bakal menjewer Ketua Umum PP Muhammadiyah 2019 menuai kritikan. 

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) menilai pernyataan Amien Rais bertentangan dengan semangat khittah yang sudah dipernah digagas dalam Muktamar Muhammadiyah tahun 1971 di Makassar.

Menurut IMM, kittah muktamar itu menegaskan Muhammadiyah tidak terikat dengan partai politik apa pun, dan menjaga jarak yang sama dengan semua partai politik.(exe/ist)


0 Komentar