Jumat, 16 November 2018 22:44 WIB

WGM Medina Kalahkan Janelle Frayna di JAPFA Chess Festival 2018

Editor : Eggi Paksha
WGM Medina Warda Aulia. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pecatur putri Indonesia, WGM Medina Warda Aulia memastikan tampil sebagai pemenang pada Duel Match JAPFA Chess Festival 2018 atas pecatur Filipina WGM Janelle Mae Frayna.

Hasil dicapai setelah keduanya bermain remis pada babak keempat di Wisma Kemenpora Senayan, Jakarta, Jumat (16/11).

Medina yang memainkan bidak hitam, lewat pembukaan Gambit Menteri berupaya bisa meraih kemenangan atas lawannya itu, dengan mengambil inisiatif serangan untuk terus menekan permainan lawannya hingga langkah ke-23.
Unggul kualitas permainan justru membuat Medina lengah membuat kesalahan pada langkah ke-25 dan ini dimanfaatkan Janelle untuk berbalik menekan dilangkah berikutnya.

Kondisi ini membuat Medina mulai bermain hati-hati pada langkah selanjutnya. Strategi ini dilakukan Medina untuk menutup kesempatan Janelle membuat langkah berbahaya. Namun memasuki langkah ke-42, langkah kedua pecatur terhenti, dan memaksa keduanya sepakat untuk untuk mengakhiri pertandingan berakhir remis.

“Nyesel dan kecewa banget. Seharusnya saya bisa memenangkan pertandingan. Saya blunder di langkah ke-25,” kata Medina usai pertandingan.

Dengan tambahan ½ Victory Point (VP), membuat kedudukan menjadi 3-1, untuk Medina, sekaligus memastikan memenangkan Duel Match, meski masih menyisakan satu bababk atau babak kelima yang akan berlangsung Sabtu (17/11) siang.

Medina menambahkan, hasil babak keempat ini praktis membuatnya memenangkan duel match atas Jenelle. Karena pada laga babak kelima, dia akan tampil lepas. “Sekarang udah pasti juara, besok saya main lepas. Setidaknya remis, jangan sampai kalah,” tandas Medina.

Duel Match JAPFA Festival 2018 berlangsung sebanyak 5 babak, yang digelar sejak Selasa (13/11) dan berakhir pada Sabtu (17/11). Selain duel match, JAPFA Chess Festival 2018 yang mempertandingkan 12 nomor lainya yang diikuti 498 pecatur dari 15 Provinsi dan lima Negara (India, Australia, Malaysia, Filipina, dan Indonesia) dan memperebutkan hadiah Rp162 juta, plus 1.600 dolar AS.(exe/ist)


0 Komentar