Kamis, 15 November 2018 19:56 WIB

Percasi Optimistis Peserta JAPFA Chess Festival 2018 Bisa Lanjutkan Tradisi Prestasi

Editor : Eggi Paksha
JAPFA Chess Festival 2018. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com-  JAPFA Chess Festival 2018 sudah memasuki hari ketiga, Kamis (15l/11).

Event ini sudah berlangsung sejak pembukaan pada Selasa (13l/11) hingga 17 November mendatang di Wisma Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Terdapat 595 peserta dari 25 provinsi di Tanah Air. Yang menarik, JAPFA Chess Festival 2018 ini juga diikuti pecatur tangguh dari empat negara sahabat yang turut.

Termasuk, Janelle Mae Frayna asal Filipina yang mendapat kesempatan untuk menghadapi pecatur wanita terbaik Indonesia, Medina Warda Aulia. Keduanya bentrok dalam Woman Grand Master (WGM) Duel Match 2018.

“Kami berterima kasih atas dukungan rekan-rekan media yang telah memberi positif terhadap JAPFA Chess Festival 2018 ini kepada masyarakat. Hingga, edisi ke-11 event ini mendapat sambutan hangat,” kata Inspektur Pertandingan, Hendry Jamal, Kamis (15l/11).

“Antusiasme masyarakat ini luar biasa. Baik sebagai penonton dan yang berpartisipasi. Sebab, JAPFA Chess Festival 2018 ini kan menghasilkan normal gelar. Terdapat 11 nomor yang dipertandingkan dengan diikuti pecatur kelas dunia.”

Sosok yang dalam Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) sebagai Komisi Catur Sekolah ini berharap dari JAPFA Chess Festival 2018 ini sebagai kawah candradimuka dengan lahir pecatur masa depan nasional. Hendry optimistis dalam beberapa tahun ke depan, mereka yang tampil saat ini bisa melanjutkan tradisi prestasi pecatur generasi sekarang.

“JAPFA Chess Festival 2018 ini merupakan edisi ke-11. Sebelumnya, event ini diselenggarakan secara berpindah tempat. Dulu, Susanto (Megaranto) berkembang karena festival ini Ini yang harus dilanjutkan,” Hendry, menjelaskan.

“Saya melihat, banyak anak kecil yang terinspirasi untuk jadi Medina berikutnya Ini memberi motivais bagi anak muda untuk bermimpi jadi Grand Master. Mereka bisa melihat seniornya tampil. Oh, itu ada Medina, ada Susanto, dan lain-lain.”

Saat berita ini diturunkan, Medina sudah mengumpulkan 2,5 Victory Point (VP) atas Janelle. Itu berkat kemenangan pada hari ini dan Selasa (13l/11) serta remis pada Rabu (14/11).(exe/ist)


0 Komentar