Jumat, 09 November 2018 21:29 WIB

JAPFA Chess Festival ke-11 Gelar Duel Match Hingga 11 Nomor Pertandingan Yunior-Senior

Editor : Eggi Paksha
Ketum PB.Percasi, GM Utut Adianto (tengah). (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB.Percasi) bersama PT.JAPFA Comfeed Indonesia Tbk kembali menghadirkan WGM duel match dalam ajang JAPFA Chess Festival ke-11. Duel matchh tersebut akan mempertemukan WGM Medina Wardah Aulia melawan WGM Janelle Mae Frana dari Filipina.
 
Duel macth antara dua Women Grand Master ini akan berlangsung 13-17 Nopember dengan durasi lima babak di Wisma Karsa Kemenpora Jakarta. Ketua Umum PB.Percasi,  GM Utut Adianto dalam jumpa pers resmi di Hotel Century Park Senayan Jakarta, Jumat, (9/11) mengatakan, duel match ini memiliki bobot yang sama terutama bagi kedua pecatur.
 
”Baik Medina maupun Janelle sama-sama menjadikan duel match sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas permainannya. Janelle bukan pecatur sembarangan, kemampuannya tak bisa diremehkan. Dan Medina tentu tak boleh menganggap enteng duel macth ini,” kata Utut Adianto.
 
JAPFA Chess Festival ke-11 ini selain menggelar duel match juga menyajikan 11 nomor pertandingan mulai dari tingkat yunior hingga senior. Utut Adianto berharap dari ajang ini akan lahir bibit-binit pecatur baru Indonesia.
 
Hingga saat ini sudah 18 Provinsi mendaftarkan diri ambil bagian dalam JAPFA Chess Festival 2018. ”Yang unik dari JAPFA Chess Festival ini tak hanya bicara prestasi karena ada juga peserta dari kalangan komunitas yang maniak catur. Jadi kita memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyalurkan hobinya,”kata Utut yang juga Wakil Ketua DPR-RI itu.
 
Apa yang dikatakan Utut Adianto ini seiring dengan dukungan JAPFA, perusahaan agribisnis Indonesia  terhadap pertumbuhan prestasi catur Indonesia. Salah satu dukungannya dengan mengirimkan para atlet catur Indonesia ke Olimpiade Catur di Batumi, Gerrgia beberapa waktu lalu.
 
Vice President Head of Social Investmen JAPFA, R.Artsanti Alif mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung dunia catur Indonesia. Artsanti berharap dukungan mereka ini mampu meningkatkan elo raing para pecatur Indonesia sehingga meraih norma baik WGM maupun GM.
 
Bahkan wanita berparas cantik ini menyebut komitmen JAPFA tak hanya pada kegiatan Festival Catur di Indonesia saja serta Olimpiade tetapi juga di dalam berbagai kompetisi tingkat nasional ataupun internasional.”Apalagi komitmen yang diberikan perusahaan untuk mendukung catur juga diimbangi dengan kesungguhan  PB.Percasi untuk mencari bibit-bibit pecatur Indonesia.
 
JAPFA sudah hampir 20 tahun berjalan beriringan dengan PB.Percasi dan selama dua dekade  perjalanan itu, sudah muncul pecatur-pecatur baru yang diharapkan bisa mengikuti jejak langkah GM Utut Adianto.
 
Kondisi inilah yang membuat JAPFA cukup senang dan bangga bisa ambil bagian dalam mencetak sejarah catur di Indonesia. ”Bagi JAPFA dukungan terhadap dunia catur Indonesia merupakan bentuk investasi untuk mengharumkan nama Indonesia melalui olahraga catur,”tambah Artsanti.(exe/ist)

0 Komentar