Selasa, 30 Oktober 2018 11:21 WIB

Para Miliarder Kini Kebanyakan Berasal dari AS dan China

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi miliarder alias orang super kaya. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebagai negara kekuatan ekonomi utama di dunia, Amerika Serikat dan Republik Rakyat China tidak hanya bersaing dalam perdagangan, teknologi dan militer, juga dalam jumlah miliarder alias orang super kaya. 

Melansir dari CNBC, Selasa (30/10/2018), Union Bank of Switzerland (UBS) dan PricewatershouseCoopers (PwC) melansir terjadi pertumbuhan miliarder di dunia pada 2017. Studi menunjukkan terdapat 2.158 miliarder di dunia pada tahun lalu.

Jumlah kekayaan para miliarder tersebut tumbuh 19% menjadi USD8,9 triliun pada 2017, peningkatan terbesar dalam sejarah, menurut laporan UBS dan PwC. Para miliarder itu kebanyakan berasal dari dua negara: Amerika Serikat dan China.

AS menambah 53 miliarder baru pada 2017 dan mewakili USD125 miliar total kekayaan. Jumlah ini meningkat 4% sehingga totalnya menjadi 585 miliarder. 

Populasi miliarder di China tumbuh lebih cepat yaitu dua miliarder baru setiap minggunya. Negeri Tirai Bambu ini menambah 106 miliarder baru selama tahun 2017. Namun 51 orang dinyatakan gugur dari daftar karena kekayaan mereka jatuh di bawah USD1 miliar akibat risiko bisnis yang terjadi di negara tersebut.

Alhasil, China bertambah 55 miliarder baru (yang dihitung oleh UBS dan PwC) pada 2017 berbanding tahun 2016 sebanyak 16 miliarder baru. Untuk total keseluruhan, China memiliki 373 miliarder.

Untuk urusan total kekayaan miliarder, UBS dan PwC menyatakan Benua Amerika masih menjadi yang terdepan. Namun untuk jumlah miliarder, Benua Asia lah yang terbanyak dan sudah melampaui Benua Amerika.

Salah satu penyebab meningkatnya jumlah miliarder di China dan Asia karena perkembangan industri teknologi. Saat ini, China memiliki 67 perusahaan startup dengan status Unicorn berbanding dengan 119 di Amerika Serikat. 

Menariknya, pada 2017, China menciptakan lebih banyak miliarder bidang startup yaitu 89 berbanding 30 di Amerika Serikat. Berikut jumlah miliarder di dunia versi UBS dan PwC menurut wilayahnya.(exe/ist)


0 Komentar