Selasa, 30 Oktober 2018 09:49 WIB

Kemenpora Dorong Peserta Gala Desa Difokuskan Bagi Pelajar SLTP dan SLTA

Editor : Eggi Paksha
Asdep Bidang Olahraga Pendidikan Kemenpora, Alman Hudri. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gala Desa binaan Kemenpora  tahun depan siap ditingkatkan menuju event nasional dan regional.

Multi event  yang digelar di 136 Kabupaten Kota Seluruh Indonesia  itu  nantinya  pesertanya  difokuskan  bagi  kalangan pelajar SLTP dan SLTA.

“Dengan   fokus untuk kalangan pelajar, maka pemain yang tampil prestasinya bisa berjenjang ketingkat nasional dan regional seperti tim sepakbola U-16 yang meraih sukses ditingkat Asia,” jelas Asdep Bidang Olahraga Pendidikan Kemenpora, Alman Hudri di Jakarta, Senin (29/10).

Alman melanjutkan, program Gala Desa yang sudah bergulir  mempertandingkan  enam cabang olahraga yaitu bola voli, tenis meja, atletik, sepak takraw, bulu tangkis dan sepak bola.

Untuk  cabang sepak bola,  ada gagasan,  untuk  tahun 2020 lebih terpogram dan pesertanya difokuskan   pada pelajar. Terobosan ini tampaknya mendapat respon dari Kementerian Desa.

Sementara di tahun 2019 Kemendes rencananya sudah mulai ikut penjejakan dalam segi administrasi. Dengan begitu tahun 2020 tinggal digulirkan.   Seperti keinginan Kemenpora, Program Gala Desa  menjadi  ‘Olahraga Desa Menuju Dunia’.

“Banyak anak di desa-desa ataupun kampung yang punya harapan besar ingin menjadi atlet. Tetapi proses dan wahana mereka untuk berpartisipasi tidak seluas di kota. Karenanya, Gala Desa ini menjadi fondasi penting untuk melahirkan bibit-bibit masa depan Indonesia,” ungkap  Alman.

Jelas Alman lagi,   tahun depan Gala Desa pesertanya  bertambah lebih dari 150 Kabupaten.(exe/ist)


0 Komentar