Minggu, 28 Oktober 2018 07:43 WIB

Kuningan Bakal Dijadikan Objek Wisata Terbaik

Editor : Eggi Paksha
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kabupaten Kuningan bakal dijadikan objek wisata terbaik di Jawa Barat oleh Gubernur Ridwan Kamil.

Terlebih, Kabupaten Kuningan sudah masuk dalam daftar pengembangan pariwisata di Jabar. Salah satu objek wisata di Kabupaten Kuningan yang akan dikembangkan, yakni Waduk Darma.

"Saya berkomitmen menjadikan Kuningan menjadi salah satu kabupaten terbaik pariwisata. Tidak hanya tempatnya, tapi event-nya juga," ungkap Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/10/2018).

Emil melanjutkan, Pemprov Jabar bersama Pemkab Kuningan akan menata Waduk Darma menjadi danau wisata terbaik di Indonesia. Rencananya, dana sebesar Rp50 miliar akan digelontorkan untuk merevitalisasi waduk tersebut.

Bahkan, Emil menyebutkan, konsep pengembangan Waduk Darma akan dibuat luar biasa dan belum pernah ada di Indonesia. Dalam proses revitalisasinya, Emil berjanji tidak akan merugikan semua pihak, terutama para pelaku usaha kreatif dan kuliner di sekitar Waduk Darma.

"Sehingga semua warga harus bisa menikmati. Kalau ada pergeseran, perubahan, tetap penghasilan mereka tidak akan terganggu. Nanti akan ada kompromi-kompromi yang baik," paparnya. 

Emil yakin, kombinasi program konservasi dengan wisata yang selama ini diterapkan di Kabupaten Kuningan akan menjadikan Kabupaten Kuningan sebagai salah satu kabupaten terbaik dalam bidang pariwisata di Jabar. "Maka, titip pesan pada warga Kuningan, tunjukkan keramahtamahan dan kesantunan. Karena itu yang akan dibawa pulang sebagai oleh-oleh, sebagai testimoni," pesannya.

Tekad tersebut disampaikan Emil seusai membuka ajang balap sepeda internasional Tour De Linggarjati di Lapangan Sepak Bola Purwadewi, Kabupaten Kuningan, Jumat 26 Oktober 2018. Agenda tahunan bertaraf internasional ini digelar mulai tanggal 26-28 Oktober 2018. Dalam event tahunan itu, para pembalap akan melintasi 104 desa di kabupaten yang dikenal berhawa sejuk itu.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama mengatakan, ajang Tour de Linggarjati telah memasuki tahun keempat. Ajang bergengsi ini melombakan tiga kategori, yakni Individual Time Trial (ITT), Individual Road Race (IRR) dan Criterium.

Acep berharap, ajang Tour de Linggarjati akan meningkatkan prestasi dalam cabang olah raga balap sepeda, berkembangnya pariwisata industri kreatif dan kuliner, hingga menjadi pintu masuk investasi dan meningkatnya infrastruktur di Kabupaten Kuningan.

Tour de Linggarjadi 2018 yang mengusung tema "Lintas Alam, Kenali Budaya dan Cintai Sejarah" ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari pembalap Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Inggris Raya, Jerman, Belanda, dan Slovenia.(exe/ist)


0 Komentar