Kamis, 11 Oktober 2018 19:26 WIB

Solo Jadi Tuan Rumah IBL Gojek Pre-Season Tournament 2018

Editor : Eggi Paksha
IBL Gojek Pre-Season Tournament 2018. (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebanyak 10 tim IBL akan meramaikan IBL Gojek Pre-Season Tournament 2018.
 
Ajang pemanasan sebelum liga bergulir ini akan digelar 14-21 Oktober 2018 di Sritex Arena, Solo, Jawa Tengah. Sebelumnya, klub Hang Tuah diragukan bisa ikut ambil bagian. Hang Tuah dikabarkan kesulitan sponsor. Namun Direktur Hang Tuah, Ferry Jufri memastikan timnya akan ambil bagian dalam turnamen pemanasan jelang IBL ini.
 
"Sejauh ini kami tetap komit untuk ikut Turnamen IBL. Begitu juga untuk IBL musim 2018/2019 ini," ujarnya.
 
Nantinya, 10 tim tersebut akan dibagi dalam dua grup. Pembagian grup berdasarkan hasil reguler musim lalu. Dua peringkat teratas dipisahkan, yakni Pelita Jaya dan Satria Muda Pertamina.
 
"Tim lainnya nanti akan diundi. Ini akan menarik. Bisa saja nanti akan ada grup neraka. Pengundian akan dilakukan saat technical meeting 13 Oktober mendatang," ujar Direktur IBL, Hasan Gozali.
 
Nantinya, dua tim teratas grup akan melaju ke semifinal. Juara grup akan berhadapan dengan runner-up grup sebelahnya di empat besar. Adapun Tim-tim posisi ketiga dan keempat di grup masih berkesempatan bermain dalam laga penentuan peringkat.
 
Kristy Nelwan, VP Corporate Communication GOJEK menyatakan senang dapat mendukung gelaran kompetisi IBL.  "Hal ini selaras dengan misi Gojek dalam mendukung semangat sportivitas dan olahraga Tanah Air. Kami berharap IBL mampu menghasilkan bibit unggul yang mampu bersaing," kata Kristy. 
 
Sementara itu, IBL Gojek Pre-Season Tournament 2018 akan dimanfaatkan Satria Muda Pertamina untuk menguji pemain lokalnya. Diharapkan, pemain lokal yang kalah bersaing dengan pemain asing di kompetisi mampu menunjukkan kemampuannya di Turnamen IBL nanti.
 
Dengan hanya diikuti pemain lokal, turnamen ini tentu sangat bagus bagi kami untuk menguji kemampuan pemain lokal. Apalagi selama ini dalam kompetisi IBL mereka kalah bersaing dengan pemain asing," jelas Youbel Sondakh, pelatih kepala SM Pertamina.
 
Ia mengharapkan Rizal Falconi, Laurentius Oei, maupun Muhammad Dhiya ul Haq, mampu berkontribusi maksimal di turnamen IBL nanti. Pensiunnya Christian Ronaldo Sitepu memaksa bigman lokal SM secepatnya mengambil peran yang ditinggalkan eks center timnas basket putra Indonesia itu.
 
Youbel juga berharap timnya bisa mempertahankan gelar juara di Turnamen IBL ini. "Kami selalu menargetkan juara, di setiap kejuaraan yang diikuti. Termasuk di Turnamen IBL kali ini," tegasnya.
 
Youbel menilai dengan tidak adanya pemain asing di Turnamen IBL ini persaingan akan lebih menarik. Ia memperkirakan Pelita Jaya, Stapac Jakarta, dan Garuda Bandung akan memberikan perlawanan sengit karena punya sederet bigman lokal yang bagus.
 
SM Pertamina juga akan membawa pemain debutan Kelvin Tirta Sanjaya. "Kelvin sudah mulai latihan. Kami harap dia cepat beradaptasi. Saya lihat dia punya modal untuk bermain basket. Tapi kita lihat saja nanti," kata Youbel.(exe/ist)

0 Komentar