Jumat, 05 Oktober 2018 15:33 WIB

Mal Kokas Hadirkan Beragam Corak Khas Batik dari Berbagai Daerah

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Mal Kota Kasablanka bersama Kementerian Pariwisata Republik Indonesia memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober dengan menghadirkan Celebrity Culture Festival 2018 yang berlangsung di Food Society, Mal Kota Kasablanka pada tanggal 2 hingga 7 Oktober 2018.

Acara yang digelar dalam rangkaian Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 tersebut menghadirkan beragam corak khas dari berbagai daerah lengkap dengan sejarah dan tradisinya. 

Batik ditetapkan sebagai warisan kebudayaan asli Indonesia oleh UNESCO sejak 2009. Sejak itu batik semakin luas diterima di seluruh penjuru Nusantara bahkan sering dijumpai di luar negeri seperti Paris Fashion Week yang merupakan salah satu poros tren fashion di dunia.

Celebrity Culture Festival 2018 merupakan bentuk perayaan budaya Nusantara dengan menghadirkan pameran kain Nusantara karya desainer ternama Indonesia seperti kain tenun Bali dari Maya Sari, tenun Nusa Tenggara dari Etty Sas, tenun Gorontalo Karowo dari Nunu Datau, batik sutra dari Marta Vera Tien, batik Garut dari Rajib, kreasi bordir dari Ariyarka, kain khas Badui dari Chintami Atmanagara, batik & etnik kontemporer dari Dana Suryatna, Kunce dan Johan Fendy, serta parade busana dari Indra Bekti, Kiki Amalia, Haykal Kamil, Delia Septianti, dan Tantri Namira. 

Celebrity Cultural Festival juga diisi bazaar kuliner kekinian dari kalangan selebritas, seperti Jessica Iskandar, Nia Ramadhani, Vina Panduwinata, dan Chintami Atmanagara.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya yang hadir saat pembukaan acara tersebut mengatakan, wisatawan mancanegara maupun domestik menyusun agenda perjalanan yang fokus kepada wisata kuliner dan wisata belanja. 

"Melalui acara ini, transaksi kuliner dan belanja dapat ditingkatkan yang pada akhirnya dapat memberikan kontribusi nyata pada sektor pariwisata Indonesia,” ujar Menteri Arief Yahya, Selasa (2/10/2018).

Vita Datau Messakh, Ketua Akademi Gastronomi Indonesia dan Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, mengatakan bahwa acara ini istimewa karena menghadirkan produk-produk karya anak bangsa yang terkurasi dengan baik mulai dari kain atau pakaian batik, tenun, hingga produk kerajinan dan ragam kuliner kreatif. 

"Acara ini akan memberikan pengalaman berwisata yang berbeda khususnya wisatawan mancanegara.”

Melalui acara ini wisatawan dapat mengenal budaya Indonesia yang dihadirkan secara unik oleh deretan fashion designer Indonesia yang sudah go international sambil mencicipi berbagai pilihan kuliner Nusantara. 

Menurut A. Stefanus Ridwan S, Presiden Direktur Pakuwon Group, acara ini juga istimewa karena kehadiran para artis yang menjadi magnet mempromosikan acara ini. 

"Tentunya acara ini tidak hanya dikhususkan untuk wisatawan, pengunjung mal pun diajak untuk menikmati berbagai acara yang sudah dipersiapkan yaitu pertunjukan tari tradisional dari Kalimantan dan melodi perkusi angklung,” kata Stefanus.(exe/ist)


0 Komentar