Selasa, 02 Oktober 2018 12:33 WIB

Jokowi Harap Target Peringkat Asian Para Games Bisa Melesat ke Atas

Editor : Eggi Paksha
Presiden Jokowi (tengah) bersama para atlet. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menpora Imam Nahrawi, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, hari Selasa (2/10) pagi melepas kontingen Asian Para Games 2018 di Halaman Istana Negara, Jakarta.
 
Presiden berpesan agar target masuk peringkat 8 besar bisa melesat ke atas.  "Saya meminta para atlet untuk berjuang dengan penuh semangat untuk mengharumkan nama Indonesia. Sebagai putra-putri terbaik negara ini, saya titip agar bapak-ibu dan saudara semua berjuang keras, bekerja keras untuk memberikan yang terbaik kepada negara ini, " ujar Presiden. 
 
Asian Para Games 2018 sendiri mempertandingkan 18 cabang olahraga, yang di  diikuti sekitar lebih dari atlet dari 43 negara. Kontingen Indonesia mengikuti 18 cabang olahraga dengan jumlah atlet 425 orang terdiri 300 atlet dan 125 ofisial.
 
Presiden juga menjelaskan, target Indonesia pada Asian Para Games 2018 adalah peringkat 8 besar klasemen perolehan medali, dengan perincian memperoleh minimal 16 medali emas.
 
"Target 8 besar meleset ke atas enggak apa-apa, ke-6 atau 5 (besar). Emas meleset enggak apa-apa, tapi 20 atau 30 (emas). Saya tahu, bapak ibu sudah berlatih keras dalam latihan-latihan, saat try out. Dan kita harapkan bisa membuahkan hasil yang memberikan nama harum bagi Indonesia," tambahnya. 
 
Presiden menegaskan, seluruh rakyat Indonesia ingin melihat atlet Indonesia mampu mengharumkan nama negara dengan dinyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada setiap atlet yang mampu meraih medali emas.
 
"Karena seluruh rakyat Indonesia ingin melihat saat tibanya pertandingan nanti, atlet kita bisa memenangkan pertandingan dan kita harapkan bendera Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya bisa dikumandangkan di tiap pertandingan yang ada," jelas.
 
Sementara itu, Menpora mengatakan bahwa persiapan jangka panjang sudah dilakukan oleh para atlet dari bulan Januari sampai sekarang. Tidak hanya persiapan di dalam negeri tapi juga melakukan berbagai macam try out dan pertandingan lain.
 
"Artinya  dari sisi persiapan atlet kita optimis dan yakin atas semangat dan tekat para atlet  kita yang akan memberikan yang terbaik di ajang Asian Para Games," ujarnya.
 
Terkait target, Menpora mengatakan bahwa seperti arahan Presiden, targetnya 8 besar dengan 16 medali emas. "Tinggal sekarang kami mohon doa dan dukungan pada seluruh rakyat Indonesia. Para atlet, pelatih, CdM semua akan berjuang sekuat tenaga dan tentu doa masyarakat akan  menguatkan hati dan mental atlet kita untuk meraih yang terbaik," ucapnya. 
 
Selebihnya tentu kesempatan bagi masyarakat untuk mendukung atle baik hadir di venue pertandingan.
 
"Kehadiran masyarakat langsung di arena pertandingan merupakan suatu bentuk dukungan moral terhadap atlet-atlet penyandang disabilitas yang sedang bertanding. Pasti akan semakin meningkatkan semangat para atlet untuk meraih prestasi terbaik, sekaligus mengharumkan nama Indonesia," ujarnya. 
 
Acara pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih dari Preisden Jokowi ke Ketua Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari.(exe/ist)

0 Komentar