Selasa, 02 Oktober 2018 12:26 WIB

Menpora Imam Ingin Kontingen YOG Gunakan Dana Secara Maksimal

Editor : Eggi Paksha
Menpora Imam Nahrawi (tengah). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menpora Imam Nahrawi bersama Anggota Komisi X DPR RI Lathifah Shohib dan Waketum KOI, Muddai Madang, melepas Kontingen Indonesia yang akan berlaga pada Youth Olympic Games (YOG) ke-3 Buenos Aires, Argentina, di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/10) sore.
 
Menpora berharap ajang Olimpiade Remaja ini dapat menorehkan prestasi sekaligus langkah awal menapak menuju pentas Olimpiade.
 
YOG atau Olimpiade Remaja adalah pesta olahraga multieven dunia yang diikuti para atlet kisaran usia 14-18 tahun. Pada Olimpiade Remaja Musim Panas ke-3 yang akan digelar dari tanggal 6-18 Oktober di Buenos Aires ini, Kontingen Merah Putih berjumlah 18 atlet dari 8 cabor yang diikuti, yaitu badminton, atletik, renang, angkat besi, basket 3x3, menembak, golf, dan voli pantai. 
 
Menpora berharap bahwa di pundak para atlet-etlet remaja ini, masa depan prestasi olahraga multieven dunia dapat mencapai puncaknya pada masa yang akan datang. "Semoga dalam acara pelepasan ini kita semua semakin optimis semakin yakin dan pasti akan memberikan kabar indah bagi Indonesia di ajang Youth Olympic ajang yang akan mengantarkan kita ke Olimpiade nantinya," kata Menpora dalam arahannya.
 
Menteri yang hobi bermain bulutangkis ini juga berpesan kepada para official, manajer, dan CdM untuk mengiringi dan memberikan pelayanan terbaik kepada para atlet dari segala hal termasuk urusan tiket. Atlet adalah salah satu aset bangsa yang harus terus dirawat dan dijaga, karena pada mereka merah putih akan berkibar dan Indonesia Raya terus berkumandang seantero dunia.
 
"Saya minta dana dari pemerintah digunakan secara maksimal. Salah satu contoh, perjalanan menuju Argentina itu cukup lama dan melelahkan, agar nyaman saya minta tiket pesawat kelas bisnis pulang-pergi, setuju tidak?" tanya Menpora, yang langsung dijawab serempak "setuju" oleh para atlet dengan nada gembira.
 
CdM Kontingen Indonesia YOG, Dito Ario Tejo, menjelaskan bahwa pertemuan dan persaingan antarnegara cukup ketat, karena diikuti 206 negara dengan 3.998 atlet. Dari 8 cabor yang diikuti Indonesia peluang pada tiga cabor yaitu bulutangkis, angkat besi, dan atletik.
 
"Target kami adalah mendapatkan medali melebihi keikutsertaan YOG sebelumnya. Tahun 2014 kita dapat perunggu dari bulutangkis. Semoga tahun ini lebih dari itu," ucap Dito. Di akhir acara pelepasan, diadakan ritual penciuman Sang Saka Merah Putih dimulai dari CdM kemudian diikuti seluruh atlet, serta diiringi lagu Bagimu Negeri.(exe/ist)

0 Komentar