Selasa, 25 September 2018 19:16 WIB

Penilaian Indonesian Television Awards (ITA) 2018 Dijamin Adil dan Akurat

Editor : Eggi Paksha
Indonesian Television Awards (ITA) 2018. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ajang penghargaan Indonesian Television Awards (ITA) kembali digelar tahun ini.

Pada tahun ketiga, acara tersebut masih konsisten untuk mendukung industri pertelevisian tanah air. "Apresiasi ini merupakan yang tertinggi dalam dunia pertelevisian di Indoneia dan merupakan wujud dukungan agar seluruh insan pertelevisian meningkatkan kreatifitas dan mendukung perkembangan industri pertelevisian di Indonesia," kata Dini Putri, Project Leader ITA di Hard Rock Cafe, Jakarta, Selasa (25/09).

Dalam pelaksanaan kali ini, ITA 2018 akan memberikan penghargaan kepada program televisi dan insan pertelevisian di Indonesia dalam 13 kategori penghargaan.

Terdiri dari 9 kategori program televisi dan 4 kategori individu. Seperti, program terbaik hingga pembawa acara terpopuler. "Semua kategori dipilih dalam jangka waktu Juli 2017 sampai Juni 2018," ujarnya.

Dari segi penilaian, ITA berbeda dengan program awarding yang sejenis. Penentuan semua nominasi dari kategori yang ada tidak didasarkan rating program. Tapi berdasarkan survey TOP OF MIND pemirsa mengenai program televisi dan insan pertelevisian.

"Kami menjaga dan memastikan bahwa proses penilaian di Indonesian Television Awards dilakukan secara comprehensive. Karenanya, ITA melibatkan berbagai pihak agar dapat memberikan penilaian yang adil dan akurat, dengan merangkul tim independen Roy Morgan Research, serta Provetic sebagai konsultan riset dan data," ucap Dini.

Seluruh nominator di 13 kategori terpilih dari hasil survei yang dilakukan tim Roy Morgan Research, lembaga survei independen dari Australia yang sudah berada di Indonesia sejak 2004.

Pihaknya melakukan survei secara langsung yang melibatkan 1700 responden di 22 kota di 17 provinsi di Indonesia. Survei dilaksanakan langsung ke penonton televisi untuk mengetahui program acara televisi yang menjadi favorit, dilihat dari top of mind (yang diingat secara spontan) pemirsa.

Selanjutnya, penilaian terhadap masing-masing nominasi dilakukan dengan melibatkan masyarakat untuk menentukan penerima penghargaan Terpopuler.

Untuk kategori itu, publik secara langsung bisa memberikan suara melalui media sosial. Malam puncak ITA 2018 bakal diadakan pada 31 Oktober mendatang. Sejumlah musisi dalam dan luar negeri dipastikan bakal memeriahkan acara penyerahan penghargaan.(exe/ist)


0 Komentar