Rabu, 19 September 2018 04:07 WIB

Penerbangan Nonstop Pesawat Pembom Canggih TU-160M Rusia Mampu Jangkau Setiap Tempat di Bumi

Editor : A. Amir
Pesawat pembom strategis TU-160M Rusia

Moskwa, Tigapilarnews.com - Pesawat pembom strategis supersonik TU-160M Rusia baru saja melakukan penerbangan sembilan jam nonstop dari kota Rusia Saratov ke Anadyr, kota paling timur di Rusia dengan melintasi kutub utara.

Sebagai pesawat pembom dengan sayap menyapu dan terbesar di dunia ini memang mampu terbang menempuh jarak 12.000 kilometer dalam sekali pengisian bahan bakar. TU-160M yang canggih itu dapat membawa hingga 12 misil jelajah atau 12 misil nuklir jarak dekat.

Pesawat pembom TU-160M yang bisa menjangkau setiap tempat di mana pun dimuka bumi dan mendapat julukan Blackjacks oleh NATO.

Dari saluran TV Zvezda Rusia merilis cuplikan menarik ketika pesawat melakukan pengisian bahan bakar udara. Pesawat dengan bobot 110 ton dengan bentang sayap 55,7 meter tersebut terlihat cantik tetapi menyeramkan.

Setelah berhasil menyelesaikan penerbangan panjang, yang termasuk tugas tempur sebagai bagian dari latihan militer, kepada wartawan pilot mengatakan misi sembilan jam bukanlah hal yang mudah dan ringan,

Menurut pilot senior tersebut penerbangan tidak sepenuhnya nyaman. Mereka harus melindungi diri dari hipotermia dengan peralatan khusus. Selain itu pilot juga harus menggunakan balon pelampung yang dirancang untuk menyelamatkan pilot dari tenggelam di perairan dingin laut ketika pesawat jatuh.


0 Komentar