Senin, 10 September 2018 00:27 WIB

Jack Ma Mundur dari CEO Alibaba

Editor : A. Amir
Jack Ma atau nama China-nya Ma Yun, Salah satu orang terkaya dunia adalah pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Siapa yang tidak kenal Jack Ma pria kelahiran 10 September 1964 ini, seorang pebisnis berkebangsaan Tionghoa. Salah satu orang terkaya dunia adalah pendiri sekaligus Chairman Eksekutif Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok. Jack Ma menyatakan akan mengundurkan diri sebagai Ketua Eksekutif pada perusahaan e-commerce raksasa asal China itu, pada Senin (10/9/2018).

Sosok Jack Ma dikenal pula sebagai motivator, menginspirasi orang meraih kesuksesan dalam berbisnis.

Ia memutuskan untuk mengabadikan waktunya berfokus di kegiatan kemanusiaan khususnya di bidang pendidikan.

Jack Ma telah lama menunjukkan kekaguman pada pendiri Microsoft, Bill Gates, yang telah menyumbangkan sejumlah besar kekayaannya untuk tujuan kemanusiaan.

Seperti Gates, dia telah menciptakan fondasi eponimnya sendiri yakni Jack Ma Foundation, yang katanya akan mendorong ketertarikannya pada pendidikan.

"Saya pikir suatu hari nanti, secepatnya, saya akan kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang saya pikir bisa dilakukan lebih baik daripada menjadi CEO Alibaba," ungkap pria 54 tahun itu kepada Bloomberg TV.

Jack Ma dahulu merupakan guru Bahasa Inggris yang meminta uang kepada temannya sebesar 60 ribu dolar AS untuk memulai sebuah perusahaan e-commerce China yang disebut Alibaba pada tahun 1999.

Dilansir dari Daily Nation, nation.co.ke, Sabtu (8/9/2018), Jack Ma atau nama China-nya Ma Yun, sering menggambarkan dirinya sebagai seorang pengusaha yang tidak disengaja menyerah pada kuliahnya dan memilih terjun ke bisnis perdagangan setelah menemukan internet.

Berkat bisnisnya itu, Ma memiliki kekayaan pribadi bersih senilai USD 40 miliar. Hal itu menjadikannya orang terkaya di China berdasarkan daftar majalah Forbes China tahun 2017.


0 Komentar