Jumat, 07 September 2018 23:19 WIB

Kemenpora Dorong Pengembangan Wirausaha Jadi Agenda Semua Pihak

Editor : Yusuf Ibrahim
Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Imam Gunawan (kedua dari kiri). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Guna menumbuhkan dan mengembangkan program kewirausahaan pemuda, pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu bersinergi.
 
Dengan demikian, hasil dan dampaknya akan semakin nyata, efektif serta efisien. Sinergi itu sudah dilakukan Kemenko PMK, Kemenpora, Pemkot Kupang dan Pemprov Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka menggelar pertemuan koordinasi dan dialog kepemudaan di Kupang, Kamis (6/9).
 
Pada kegiatan yang diinisiasi Kemenko PMK ini, ada puluhan peserta yang hadir. Mereka berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) setempat, perguruan tinggi, BNN, pramuka, KNPI, Hipmi, perbankan, organisasi kepemudaan (OKP) dan forum kewirausahaan pemuda (FKP). 
 
Acara dibuka Asdep Kepemudaan Kemenko PMK mewakili Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK. Adapun dari Kemenpora diwakili Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Imam Gunawan, yang juga didapuk sebagai narasumber. 
 
Menurut Imam Gunawan, penumbuhan dan pengembangan kewirausahaan adalah hal penting dalam kemajuan bangsa. "Oleh karena itu, upaya pengembangan wirausaha juga harus menjadi agenda semua pemerintah daerah agar laju pertumbuhan wirausaha juga makin cepat," ujar Imam.
 
"Upaya pengembangan kewirausahaan membutuhkan partisipasi lintas pelaku atau lintas sektor pada tingkat pusat, daerah dan masyarakat sesuai dengan kompetensi masing-masing," imbuh mantan Sekretaris Deputi II Kemenpora ini. 
 
Dengan adanya pertemuan lintas sektor seperti ini, diharapkan antara Kementerian/Lembaga, OPD di daerah dapat melakukan sinergi, menyusun dan melakukan rencana aksi dalam melaksanakan kegiatannya sesuai prioritas yang ada. "Kegiatan ini untuk mendorong pemerintahan Kota Kupang agar bisa menindaklanjuti dengan menyusun rencana aksi daerah untuk pengembangan kewirausahaan," terangnya. 
 
Di sisi lain, Asdep Kepemudaan Kemenko PMK, mengharapkan agar pertemuan koordinasi ini menjadi titik tolak bagi koordinasi dan kegiatan pengembangan kewirausahaan pemuda di kota Kupang. Diharapkan Dinas Pemuda dan Olahraga kota bisa menindaklanjuti rekomendasi pertemuan ini.
 
Selain Imam Gunawan dan dari Kemenko PMK, narasumber di acara tersebut adalah Mama Loreta (pengembangan produk sorgum), Indraka fadhillah (bisnis e-commerce produk perikanan), perwakilan Dispora Kota Kupang dan Dispora Pemprov NTT.(exe/ist)

0 Komentar