Rabu, 05 September 2018 18:08 WIB

Jokowi Sebut Pelemahan Rupiah Terhadap Dolar AS karena Faktor Eksternal

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi uang rupiah. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat karena faktor eksternal.

Hal ini juga di alami oleh negara lainnya. "Tidak hanya di Indonesia (pelemahan nilai tukar). Ini karena kenaikan suku bunga di Amerika Serikat. Berkaitan juga dengan perang dagang antara Amerika dan China," ujar Jokowi usai melepas ekspor CBU mobil Toyota di  IPC Car Terminal, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Tak hanya itu, faktor lainnya yang menyebabkan pelemahan rupiah menurut Jokowi karena krisis di Argentina dan Turki. "Saya kira yang paling penting kita harus waspada dan hati-hati. Saya selalu melakukan koordinasi di sektor fiskal dan sektor moneter dan pelaku usaha, karena koordinasi yang kuat menjadi kunci," tegasnya.

Jokowi menambahkan, ada dua hal yang dinilai mampu meredam pelemahan rupiah, yaitu investasi dan ekspor. Hal ini akan mampu meredam defisit transaksi berjalan. "Saya sudah pasang target kepada menteri-menteri agar dalam satu tahun ini bisa menyelesaikan defisit transaksi berjalan," tegasnya.(exe/ist)


0 Komentar