Selasa, 04 September 2018 23:13 WIB

AS Disebut Pasok Senjata ke Teroris dan Mainkan Peran Penting di Pasar Gelap dalam Industri Senjata Terlarang

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi militer AS. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pemerintah Suriah menyatakan, Amerika Serikat (AS) menggunakan negara ketiga untuk mengirimkan senjata kepada kelompok teroris di Suriah, seperti melalui Ukraina atau negara Eropa Timur lainnya.

Sekretaris Pertama Departemen Hubungan Internasional Kementerian Luar Negeri Suriah, Alaa Saeed menuturkan, AS terus menerus mengirimkan senjata kepada ISIS dan al-Nusra melalui negara ketiga, yang kebanyakan di kawasan Eropa.

"Jelas bahwa AS dan sekutunya memasok sejumlah besar amunisi dan senjata, menggunakan negara-negara ketiga, seperti negara-negara Eropa Timur, Ukraina, dan negara-negara Balkan, untuk menyuplai ISIS dan al-Nusra," ucap Saeed dalam sebuah pernyataan.

Dia lalu menuturkan, Suriah telah mendapatkan perkembangan yang siginifikan dalam upaya penghancuran terorisme internasional. Tapi, lanjut Saeed, tindakan pemain eksternal menghambat Damaskus untuk memenangkan perang melawan teroris.

Saeed, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (4/9), lalu menyebut bahwa ratusan ton senjata pernah dikirimkan untuk kelompok teroris melalui pelabuhan di Yordania ke Suriah selatan.

"AS memasok senjata ke kelompok teroris lainnya. Mereka bertindak melalui perantara dan memainkan peran penting di pasar gelap dalam industri senjata terlarang. Ada hubungan kuat antara perdagangan senjata ilegal dan aksi teroris yang terus berlanjut di Suriah," tukasnya.(exe/ist)


0 Komentar