Selasa, 04 September 2018 19:16 WIB

Asian Para Games 2018 Bakal Pecahkan Rekor Peserta

Editor : Eggi Paksha
Fanny Irawan, Director of Sport INAPGOC (kanan). (foto Esa/Tigapilarnews.com)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kampanye Indonesia ramah kaum disabilitas yang dicanangkan panitia pelaksanaan Asian Para Games (INAPGOV) berdampak positif.
 
Hingga kini, INAPGOC telah mencatat 2.888 atlet yang berasal dari 41 negara telah menyatakan siap bertanding pada Asian Para Games (APG) III yang akan digelar di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. 
 
Jumlah atlet yang akan bertanding di 18 cabang olahraga ini sudah melampaui peserta Asian Para Games II Incheon, Korea Selatan 2014 yang mencapai 2.458 atlet para games. 
 
"Rekor peserta APG pecah di Asian Para Games Jakarta 2018. Kalau Yaman dan Palestina mengirim kontingen berarti lengkap sudah 43 negara anggota Asian Paralympic Committee (APC) yang hadir," kata Fanny Irawan, Director of Sport INAPGOC pada acara Media Gathering Asian Para Games III di Hotel Best Western Solo, Solo (4/9/2018). 
 
Pertandingan cabang olahraga yang dimainkan pada APG tidak kalah menarik dan heroiknya dengan Asian Games 2018. "Meski ada keterbatasan, mereka punya kemampuan tak kalah dengan atlet normal begitu juga daya juangnya untuk meraih prestasi. Pertandingan menarik dan layak dinikmati, " katanya.
 
Dari 18 cabang olahraga (cabor) yang memperebutkan 568 emas itu tercatat atletik yang paling banyak pesertanya. Tercatat  714 atlet dari 39 negara. Kemudian, renang dengan 275 peserta dari 16 negara.
 
Berbicara masalah venue, Fanny mengakui tak perlu dikhawatirkan baik yang berada di Kompleks Gelora Bung Karno maupun di luarnya. "Sudah 90 persen venue yang ada ramah dengan kaum difable. INAPGOC yakin semua rampung pada saat games times," katanya. 
 
Selain masalah venue, Fanny juga mengungkapkan masalah field maupun penanganan keselamatan menjadi perhatian utama. "Field dan keselamatan akan menjadi perhatian utama. Dengan demikian panitia bisa memberikan kenyamanan bagi peserta," tambahnya. 
 
Berikut 18 cabor yang dipertandingkan yakni para atletik, panahan, badminton, boccia, catur, cycling, goalball, judo, lawn bowls, para powerlifting, menembak, renang, boling, tenis meja, voli duduk, basket, anggar, tenis kursi roda.(exe/ist)

0 Komentar