Kamis, 30 Agustus 2018 02:23 WIB

Perolehan Medali Sementara Hari ke-11 Asian Games 2018 dan Tuah 'Energy of Asia'

Editor : A. Amir
Klasemen Medali Asian Games 2018

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Perhelatan Asian Games 2018 masih terus bergulir. Di hari ke-11 ini, sejumlah negara menambah pundi-pundi medali mereka setelah tampil di sejumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

Enam medali emas dari cabang olahraga Pencak Silat baik dari kategori seni dan tarung, Rabu (29/8), semakin memperkokoh posisi Indonesia di urutan ke-4 klasemen medali Asian Games 2018.

Secara total Indonesia sudah meraih 30 emas, 22 perak, dan 36 perunggu hingga hari penyelenggaraan ke-13 Asian Games 2018.

Dalam cabor Pencak Silat, ada momen yang menarik perhatian penonton yaitu ketika Hanifan yang menjadi juara di kelas C putra 55-60 kg merangkul secara bersamaan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum IPSI Prabowo Subianto yang hadir dan duduk berdampingan menonton langsung pertandingan final di kursi VVIP Padepokan Pencak Silat TMII.

Situasi yang menggambarkan dan pesan bahwa olahraga hadir menyatukan semua perbedaan sesuai simbolnya "Energy of Asia," dimana sudah dibuktikan pula oleh dua negara yaitu Korea Utara dan Korea Selatan ada dalam satu kontingen olahraga.

Emas pertama Indonesia pada hari ke-11, berasal dari Sugianto yang menjadi pemenang dalam nomor seni. Emas demi emas pun datang dari Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, lokasi pertandingan cabor Pencak Silat pada pesta olahraga Asia ke-18.

Ayu Sidan Wilantari dan Ni Made Dwiyanti di nomor seni ganda putri serta Pramudita Yuristya, Gina Tri Lestari, dan Lutfi Nurhasanah yang tampil di nomor seni regu mengikuti jejak Sugianto.

Selain itu Pipiet Kamelia, Hanifan Yudani Kusumah, dan Wewey Wita secara bergantian menyumbang emas dari kategori di tiga nomor berbeda.

Prestasi apik atlet-atlet Indonesia juga hadir dari arena soft tenis yang menyumbang satu perak dan dua perunggu.

Skater-skater dari beragam usia juga menyumbangkan dua medali perak dan dua medali perunggu dari venue skate board di Jakabaring Sports City. Jason Dennis Lijnzaat, dan Sanggoe Darma Tanjung meraih perak. Sedangkan Pevi Permana dan Bunga Nyimas meraih perunggu.

Medali dari cabor paralayang juga belum berakhir dengan keberhasilan tim putri meraih perunggu di nomor lintas alam.

Indonesia unggul 11 emas atas Iran yang ada di peringkat kelima. Sementara dengan Korea Selatan yang berada di tempat ketiga, raihan tim Merah Putih tertinggal tujuh emas.

Klasemen Perolehan Medali Asian Games 2018 Hingga Pukul 22.00 WIB

         Negara                    Emas  Perak  Perunggu

  1. China                  :      102       67       50

  2. Jepang               :        52       47        63

  3. Korea Selatan    :        37       42        50

  4. Indonesia           :        30       22        36

  5. Iran                    :        19       16        17 


0 Komentar