Jumat, 24 Agustus 2018 15:39 WIB

Survei LSI Denny JA: Jokowi Ungguli Prabowo di Suara di 2 Ormas Islam Terbesar

Editor : Rajaman
Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bakal pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres), Joko Widodo - Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) berhasil unggul meraih suara kalangan pemilih muslim, terutama dari masyarakat yang terasosiasi dengan 2 ormas Islam terbesar.

Demikian hasil temuan survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pimpinan Denny JA. Dua ormas Islam terbesar itu yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, dimana duet Jokowi-Ma'ruf berhasil mengungguli bakal pasangan pesaingnya, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

"Di segmen NU, Jokowi-Ma'ruf unggul di angka 54,7 persen, dibanding Prabowo-Sandi yang hanya mendapat 27 persen. Sementara segmen Muhammadiyah, Jokowi-Ma'ruf unggul di angka 50 persen, dibanding Prabowo-Sandi yang 35,7 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar dikantornya, Jumat (24/8/2018).

Prabowo-Sandi, tambah Rully, hanya berhasil unggul dari pasangan Jokowi-Ma'ruf di segmen masyarakat yang mengidentifikasi dirinya sebagai Persatuan Alumni 212 (PA 212). Dimana Prabowo-Sandi mendapat suara 61,1 persen, sementara Jokowi-Ma'ruf 27,8 persen.

"Total pemilih muslim di Indonesia minimal 85 persen populasi. Pasangan capres-cawapres yang menang telak akan menjadi pemimpin Indonesia selanjutnya. Sejauh ini Jokowi-Ma'ruf unggul di pemilih muslim, termasuk di semua kategorinya," ujar Rully.

Untuk diketahui, survei LSI Denny JA ini digelar pada tanggal 12-19 Agustus 2018 melalui face to face interview menggunakan kuesioner. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1200 responden yang tersebar di 33 provinsi, dan dengan margin of error kurang lebih sebesar 2,9 persen


0 Komentar