Kamis, 16 Agustus 2018 01:54 WIB

Wartawan Jepang Kedua Terbanyak dalam Meliput Asian Games 2018

Editor : A. Amir
Media Press Center Asian Games 2018, Jakarta Convention Center.

JAKARTA, Tigapilarnews.com -  Jumlah kehadiran wartawan asal Jepang yang akan meliput perhelatan  olahraga Asian Games 2018 terbanyak kedua setelah wartawan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Hal itu disampaikan oleh Direktur Media & PR INASGOC, Ratna Irsana di Media Press Center (MPC) Asian Games 2018, Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (15/8/2018).

Wartawan Jepang yang meliput Asian Games dan memiliki akreditasi resmi sekitar 700 orang.

"Wartawan Indonesia sekitar 1.500 orang, kalau Jepang jadi yang kedua terbanyak. China di posisi ketiga yang mengirim wartawan terbanyak," kata Ratna.

"Media Jepang memang sangat antusias meliput Asian Games ini. Mereka sekaligus mempersiapkan diri karena akan menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 di Tokyo," ucap Ratna. 

Menurut Ratna, jurnalis Jepang sekitar 500 media. Bahkan, beberapa media besar Jepang menyewa beberapa ruang khusus di MPC untuk memudahkan kerja mereka. 

Jika Indonesia dan Jepang diwakili banyak jurnalis, ada beberapa negara yang hanya mengirim satu atau dua jurnalis pada Asian Games kali ini. 

"Tak ada negara yang mengirimkan jurnalis, tapi ada yang jumlahnya cuma satu atau dua orang. Bhutan misalnya hanya mengirim dua wartawan, sedangkan Tajikistan hanya diwakili satu jurnalis," kata Ratna. 

Menurut data dari INASGOC, ada 4.621 jurnalis tulis, baik online atau cetak, yang bertugas pada Asian Games 2018. Sedangkan jurnalis dan crew televisi mencapai 6.000 orang. 

Dimedia Press Center sendiri disiapkan 580 kursi dan sudah terlihat mulai di isi jurnalis dari beberapa negara peserta Asian Games 2018.


0 Komentar