Selasa, 07 Agustus 2018 21:29 WIB

Dimulai di Gorontalo Utara dan Serentak di 136 kabupaten/kota, Menpora Harap Gala Desa Kembangkan Olahraga di Daerah

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora Imam Nahrawi. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menpora Imam Nahrawi menghadiri Launching Gala Desa dan Bedah Buku Gala Desa Menuju Dunia di Jakarta, Selasa (07/08) petang.
 
Menpora berharap Gala Desa ini benar-benar memiliki dampak untuk mengembangkan olahraga di daerah.   Kick Off Gala Desa 2018 akan dilakukan Sabtu (11/8) di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo dan secara serentak di 136 kabupaten/kota di Indonesia. Sebanyak enam cabang olahraga akan dipertandingkan dalam ajang ini yakni Sepak bola, Sepak Takraw, Tenis Meja, Bola Voli, Bulu tangkis, dan Atletik. 
 
Di depan perwakilan 136 kabupaten/kota  Menpora menilai acara lounhcing ini cukup bagus dan spektakuler. "Terima kasih atas acara yang spektakuler ini. Desain panggungnya menunjukkan ada enam cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Gala Desa, bagus banget. Hari ini kita bertemu untuk menyiapkan Gala Desa di 136 kabupaten/kota betul-betul lebih semarak, lebih nendang, lebih ngefek dan lebih memotivasi para atlet kita untuk bermimpi menjadi juara dunia, " ujarnya. 
 
Buku Gala Desa Menuju Dunia ini, lanjutnya, merupakan perjalanan Gala Desa selama 2017. Buku ini merupakan  dokumentasi penting begi  generasi kita dan anak cucu kita di masa masa yang akan datang. "Dan ini penting sebagai saksi sejarah karenanya saya minta semua kegiatan kita harus menghasilkan buku," jelasnya. 
 
Menurutnya, buku ini akan dibaca oleh anak kita, terlebih lagi anak-anak kita yang ikut gala desa. Untuk mengantarkan mereka pada motivasi  yang besar yang tidak hanya juara di gala desa tapi juga nanti di Porprov, SEA Games, Asian Games bahkan Olimpiade. Di sinilah memulai sesuatu pengawalan terhadap talenta-talenta muda.  
 
"Kita ini negara begitu besar dengan talenta-talenta  anak yang  hebat dan dengan  mimpi mimpi besar dengan segala  keterbatasannya, tetapi kalau kita berhasil menjadikan gala desa ini sebagai sebuah wadah untuk mengembangkan bakat mereka. Maka kita akan tidak akan kekurangan stok talenta-talenta yang akan mengharumkan nama Indonesia, " tutupnya. 
 
Sementara Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan bahwa, gala desa mendapat sembutan  positif dari daerah. Sehingga aspirasi dari daerah untuk mengejar kembali gala desa sangat tinggi.
 
Tahun 2018 ini, kita tetap 136 kabupaten/kota. Sedangkan cabang olahraga masih sama yaitu 6 cabor yang merebutkan Piala Menpora. "Dan selanjutnya akan diikuti oleh kabupaten-kabupaten lain secara serentak dan kami harapkan ini berlangsung setiap minggu," katanya.
 
Hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Bambang Laksono, dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Staf Khusus Olahraga Tomy Kurniawan.(exe/ist)

0 Komentar