Kamis, 02 Agustus 2018 22:35 WIB

Pertunjukan Tradisional Ramaikan Kirab Obor Asian Games di Siak

Editor : Eggi Paksha
Antusias masyarakat di Kabupaten Siak. (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Seperti di kota-kota sebelumnya pelaksanaan kirab api obor Asian Games 2018 sekarang sampai di Pekanbaru dan kota singgah pertama di kabupaten Siak.
 
Antusias masyarakat di kabupaten Siak sangat senang terlihat beberapa warga sudah menunggu lama kedatangan api obor Asian Games di Lapangan Siak Bermadah. Tidak hanya masyarakat yang antusias, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak juga menyambut perjalanan obor Asian Games 2018 dengan menampilkan beberapa pertujukan tradisional seperti pencak silat, tarian Reog, Kompang, dan Barongsai di Lapangan Siak Bermadah yang terletak di depan Istana Siak. 
 
"Suatu kehormatan bagi kami bahwa Siak bisa dilalui Obor Asian Games 2018.  Maka dari itu, kami menyiapkan pertunjukan seperti pencak silat, tarian Reog (Jawa), Kompang (Melayu) dan Barongsai untuk menyambut Obor Asian Games 2018. Momen ini juga belum tentu bisa terjadi 50 tahun ke depan," ujay Solihin, Kasubag Humas dan Protokol Pemkab Siak di Siak, Riau.
 
Obor Asian Games 2018 di mulai pukul 18.30 WIB di rumah kediaman Bupati Siak, Drs H Syamsuar Msi.. Kemudian Api obor Asian Games 2018 ini akan mengitari kabupaten Siak dengan diiringi oleh Marching Band dan akan berakhir di Lapangan Siak Bermadah. 
 
Obor Asian Games 2018 akan diserahkan dari Bupati Siak ke atlit berprestasi Bufon Julianto Sinaga berusia 10 tahun yang merupakan Atlit Karate dari Kabupaten Siak dan atlit termuda pembawa obor api Asian Games 2018.
 
Setelah di bawa oleh Bufon Julianto Sinaga, akan dibawa oleh 10 atlit asal Kabupaten Siak seperti Almat Siregar ( Atlit Pencak Silat ), Azizan Effendi (Atlit Kempo), Jajak Sukarjak ( Atlit Wushu ), T Said Fauzi ( Atlit Dayung ), Nilam Cahaya ( Atlit Taekwondo ), Samuel Lothar M ( Atlit Karate ), Wan Rahmad ( Atlit Sepaktakraw ), Alam S ( Atlit Pencak Silat ), Angga Saprianto ( Atlit Sepak Bola ), dan T Wahyu Gunawan ( Atlit Sepatu Roda ).
 
“Kami sangat senang sekali akhirnya Api Asian Games 2018 datang ke kabupaten Siak dan ini menjadi penyemangat kami selaku anak-anak muda akan spirit dari Asian Games 2018, mudah-mudahan acaranya sukses dan banyak mendapatkan medali emas di pertandingan Asian Games, “ ujar Fatma siswi SMK Negeri 1 Mempura.
 
Selain mendapatkan antusias warga Kabupaten Siak, para atlit berasal dari Siak juga sangat menantikan Api Obor Asian Games ini, “saya sangat senang sekali menjadi bagian membawa obor Api Asian Games 2018 dan saya merupakan atlit sepatu Roda yang berasal dari kabupaten Siak, Mudah-mudahan Indonesia sebagai tuan rumah menjadi juara umum di Asian Games dan menjadi semangat untuk para atlit di Indonesia, “ujar Tengku Wahyu Gunawan Atlit Sepatu Roda Provinsi Riau.
 
Api obor Asian Games 2018 akan di sulut oleh Ketua DPRD Kabupaten Siak dan akan diserahkan ke Bupati Kabupaten Siak, Drs H Syamsuar Msi. Setelah dilakukan arak-arakan, pemberhentian api Obor Asian Games di lapangan Istana Siak Sri Indrapura, diramaikan oleh kesenian khas melayu dan beberapa lagu-lagu melayu. 
 
KaDispora Kabupaten Siak -  Syahruddin mengatakan, “Kami sangat berbahagia, Provinsi Riau, terutama Kabupaten Siak dilalui oleh Api Obor Asian Games 2018. Kami seluruh masyarakat kabupaten Siak mendukung Asian Games 2018, terutama atlit-atlit dari Provinsi Riau dan kabupaten Siak yang akan ikut bertanding di Asian Games 2018 dapat membanggakan prestasinya. Mudah-mudahan lagu Indonesia Raya berkumandang di Asian Games 2017.”
 
Drs H Syamsuar Msi mengucapkan terima kasih kepada Panitia Pelaksana Asian Games 2018 yang telah memilih Kabupaten Siak sebagai jalur yang dilalui Obor Asian Games 2018. 
 
"Saya yang mewakili seluruh masyarakat Siak mengucapkan terima kasih kepada pak Wapres Jusuf Kalla dan pak Erick Thohir selaku Ketua Panitia yang telah menyetujui Kabupaten Siak menjadi tempat persinggahan Obor Asian Games 2018. Semoga obor Asian Games 2018 bisa menjadi pemicu lahirnya Bufon Sinaga yang baru," Tutup Syamsuar usai menyerahkan Obor Asian Games 2018 kepada Kapolres Siak AKBP Ahmad David Sik di Lapangan Siak Bermadah, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.(exe/ist)

0 Komentar