Kamis, 02 Agustus 2018 22:18 WIB

Arak-arakan Api Obor Asian Games di Ranah Minang Terbilang Unik

Editor : Yusuf Ibrahim
Chris John (kiri). (foto istimewa)
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kirab Obor Asian Games 2018 telah singgah di ranah minang tepatnya di jantung kota wisata Bukittinggi, Kamis (02/08/2018) pukul 15:00 waktu setempat. 
 
Sebelum bertolak ke kota yang pada zaman kolonial Belanda disebut dengan Parijs Van Sumatera itu, api obor Asian Games 2018 terlebih dahulu diterima oleh Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang kemudian diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, baru kemudian dibawa ke Kota Bukittinggi yang menjadi pusat perhelatan kirab obor Asian Games 2018.
 
Dihadiri oleh ratusan warga yang turut menyambut disepanjang jalan, berbagai tontonan meriah juga telah dipersiapkan,  di antaranya tarian Gelombang khas Sumatera Barat, atraksi marching band IPDN Sumatera Barat, serta sambutan oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias.
 
"Atas nama seluruh masyarakat dan pemerintah Kota Bukittinggi, kami berterima kasih dan bangga akan dipilihnya sebagai satu-satunya kota di Sumatera Barat yang mendapatkan kesempatan didatangi api obor Asian Games 2018," ujar Ramlan.
 
Menurutnya, arak-arakan api obor kali ini terbilang unik. Sebab, kirab obor Asian Games 2018 juga melewati Lobang Jepang yang merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia.
 
"Uniknya, hanya disini prosesi kirab obor Asian Games 2018 dapat menelusuri Lobang Jepang yang merupakan salah satu destinasi wisata Kota Bukittinggi. Semoga kedepannya akan lebih dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan." jelas Ramlan.
 
Pada kesempatan ini, kirab obor Asian Games 2018 juga turut dimeriahkan oleh beberapa tokoh masyarakat yang bertugas pembawa api obor termasuk Donny Kesuma dan Olivia Zalianty, serta mantan atlet tinju kebanggaan Indonesia, Chris John.
 
Bagi Chris, ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan dan suatu kebanggaan untuk dapat berpartisipasi secara langsung. "Tentunya, ini merupakan pengalaman yang berbeda untuk mendapatkan kesempatan membawa api obor Asian Games 2018, apa lagi melalui medan yang tidak biasa," ungkap Chris.
 
Selain Lobang Jepang, kirab obor Asian Games 2018 di Bukittinggi juga turut melintasi destinasi-destinasi bersejarah lainnya, termasuk Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Rumah dan Istana Bung Hatta.(exe/ist)

0 Komentar