Jumat, 27 Juli 2018 11:53 WIB

November Rain Milik Guns N Roses Cetak Rekor Baru

Editor : Eggi Paksha
Guns N Roses. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Salah satu lagu hits Guns N Roses, November Rain, mencetak rekor baru.

Video klip lagu yang dirilis pada 1992 itu baru-baru ini mencapai 1 miliar view di YouTube. Ini membuat November Rain menjadi video era 90an yang paling banyak ditonton di YouTube. 

Pesaing terdekat video ini adalah Smells Like Teen Spirit. Lagu milik Nirvana itu saat ini ditonton 735 juta kali atau masih selisih jauh dengan pencapaian November Rain. 

Kepopuleran lagu itu pada masa kini juga tak lepas dari kiprah Guns N Roses sekarang. Dalam kurun waktu 10 dasawarsa terakhir, band yang biasa dikenal sebagai GNR itu telah menjual habis tiket konser mereka dan menjadi penampil utama di banyak festival.

Tak hanya itu. Video klip November Rain ini memang salah satu yang paling menarik dalam sejarah. Video ini menyimpan misteri tersendiri pada alur kisah cinta bintangnya, yaitu Axl Rose dan Stephanie Seymour yang saat itu adalah pacar Axl. Di video itu, si wanita tewas setelah menggelar pesta pernikahannya bersama Axl. 

Selama bertahun-tahun, misteri bagaimana si wanita tewas itu menjadi teka teki tersendiri. Salah satu teori yang mencuat adalah wanita itu bunuh diri. Ini berdasarkan kisah Without You karangan Del James yang menjadi inspirasi bagi video musik yang disutradarai Andy Morahan itu. 

Video itu dibuat dengan dana lumayan besar, yaitu mencapai USD1 juta. November Rain juga menjadi salah satu video termahal sepanjang sejarah. 

Banyak adegan menarik di video ini termasuk ketika sekuens dengan helikopter yang mengitari Slash saat sedang melakukan solo gitar di depan gereja tempat Axl dan Stephanie menikah. Solo gitar kembali dilakukan Slash dengan berdiri di atas piano Axl di panggung. 

Di masanya, video dan lagu ini merupakan pencapaian tersendiri bagi perjalanan karier Guns N Roses. Masuk di album Use Your Illusion 1, lagu ini adalah salah satu lagu terpanjang Guns N Roses. 

Lagu terpanjang milik Guns N Roses adalah Coma yang berdurasi 10 menit. Lagu ini juga masuk album Use Your Illusion 1. Lagu terpanjang kedua mereka adalah Estranged dari Use Your Illusion 2 yang berdurasi 9:24 menit. Tempat ketiga lagu terpanjang Guns N Roses adalah November Rain yang berdurasi 8:57 menit, atau hampir 30 detik lebih pendek dari Estranged. 

November Rain nangkring di anak tangga ketiga Billboard Hot 100 dan menjadi lagu terpanjang dalam sejarah yang pernah masuk top 10 chart ini. Lagu ini juga merupakan lagu terpanjang ketiga yang masuk Hot 100. Sejak dirilis, lagu ini sudah terjual lebih dari 1 juta kopi di seluruh dunia. 

Dengan enam album studio, Guns N Roses menjadi salah satu jajaran band yang paling penting dan berpengaruh dalam sejarah musik, berlanjut menjadi tolak ukur dalam pertunjukan yang menghubungkan jutaan penggemar di seluruh dunia.

Guns N Roses saat ini terdiri atas Axl Rose (vocal, piano), Duff McKagan (bass), Slash (lead guitar), Dizzy Reed (keyboard), Richard Fortus (rhythm guitar), Frank Ferrer (drums), and Melissa Reese (keyboard). Band ini akan menggelar konser mereka di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 8 November mendatang.(exe/ist)


0 Komentar