Jumat, 27 Juli 2018 00:48 WIB

100 Tokoh Dunia Dijadwalkan Hadiri World Peace Forum di Jakarta

Editor : A. Amir
Ketua CDCC Din Syamsuddin

JAKARTA, Tigapilarnews.com - World Peace Forum (WPF) akan digelar di Jakarta. Penyelenggaraan WPF ke-7 ini, ada100 tokoh dunia dijadwalkan akan hadir.

"Alhamdulillah, sekitar 100 tokoh dunia dari berbagai kalangan, profesi, dan jabatan akan hadir. Termasuk beberapa tokoh dunia yang memimpin negara maupun pemerintahan. Dapat kami sebutkan walaupun masih menunggu kepastian," kata Ketua CDCC Din Syamsuddin dalam konferensi pers di kantornya, Jl Brawijaya VIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (26/7/2018).

Forum ini adalah ajang bertukar pikiran para tokoh tersebut untuk perdamaian dunia. Adapun tema WPF ke-7 ini adalah 'The Middle Path for the New World Civilization' atau 'Jalan Tengah untuk Peradaban Baru Dunia'.

"Kita memiliki Pancasila, yang juga bisa dilihat sebagai jalan tengah. Maka forum ini secara tidak langsung mengangkat watak dari agama dan Pancasila sebagai jalan tengah itu untuk kita tawarkan sebagai solusi krisis peradaban itu," tutur Din yang juga mantan Ketum MUI tersebut.

Ketua UKP Dialog dan Kerja Sama Antaragama dan Peradaban (DKAAP) tersebut menyatakan saat ini dunia sedang dilanda ketidakpastian. Ada pandangan yang berpangkal pada urusan dunia, tapi dirasa tidak tepat sehingga memunculkan liberalisme.

"Peradaban yang bernuansa liberalisme ini yang dianggap faktor dasar dari krisis peradaban, dan liberalisme itu dianggap paham yang berada pada titik ekstrem. Karena itu, WPF mengangkat tema jalan tengah, dan kebetulan jalan tengah ini bernuansa agama-agama," papar Din.

WPF akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, pada 14-16 Agustus 2018. Rencananya acara ini akan dibuka oleh Presiden Jokowi dan ditutup Wapres Jusuf Kalla. 


0 Komentar