Kamis, 19 Juli 2018 19:25 WIB

Juara AQUA Danone Nations Cup 2018 Dikirim ke Spanyol

Editor : Eggi Paksha
SSB AISA (Aqnay Imran Soccer Academy) menjadi wakil dari Kalimantan Timur. (foto Esa/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gelaran AQUA Danone Nations Cup (AQUADNC) 2018 kini mencapai babak final nasional.

Hasilnya, sebanyak 16 tim bakal bersaing untuk memperebutkan tiket ke Spanyol. Ke-16 tim yang lolos ke final nasional merupakan hasil dari seleksi final regional yang telah dilaksanakan di 11 provinsi di Indonesia.

Total ada 192 anak berusia di bawah 12 tahun yang akan mengikuti babak final nasional. Babak final nasional AQUA Danone Nations Cup 2018 akan digelar selama dua hari pada Jumat-Sabtu (20-21 Juli 2018) di Stadion GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan. 16 tim yang bertanding dibagi ke dalam empat grup yang masing-masing grupnya berisi empat tim.

Juara final nasional AQUA Danone Nations Cup 2018 nantinya akan dikirim ke final dunia Danone Nations Cup yang digelar di Spanyol. Selain itu, tim pemenang akan mendapatkan kesempatan mendukung langsung timnas sepak bola di Asian Games 2018. Ini dilakukan untuk memotivasi anak-anak untuk bekerja keras agar bisa menjadi pemain timnas.

“Danone akan memperingati ulang tahunnya ke-100 di tahun depan (2019). Untuk memperingati hal tersebut, maka pemenang tahun ini dan juga tahun depan akan sekaligus berangkat ke laga Final Dunia DNC di Spanyol. Kita akan memiliki dua tim yang bertanding menghadapi negara-negara lain di tahun depan,” ujar Marketing Manager Danone-AQUA, Jeffri Ricardo.

Tahun ini, AQUA Danone Nations Cup diikuti oleh 150.000 anak-anak dan lebih dari 10.000 sekolah bola di seluruh Indonesia. Angka ini mengalami peningkatan dari pencapaian di tahun 2017 yaitu 126.000 anak-anak.

AQUA Danone Nations Cup juga telah melahirkan talenta-talenta muda Indonesia yang berhasil mewujudkan mimpi menjadi pesepakbola profesional dan menjadi pilar-pilar utama sepakbola Indonesia seperti Andik Vermansah, Evan Dimas, Rasyid Bakri, Paolo Sitanggang, serta Muchlis Hadi Ning Syaifulloh.

Sementara itu penggawa timnas U-19 yang juga jebolan AQUA Danone Nations Cup, Nurhidayat, menceritakan pengalamannya bisa menjadi pesepakbola. Dia mendorong anak-anak tersebut untuk bekerja keras untuk mewujudkan impiannya.

“Saya mengikuti mengikuti program ini karena saya punya mimpi menjadi seorang pemain sepak bola profesional. Melalui program AQUADNC ini, saya tidak hanya belajar dalam hal mengembangkan kemampuan bermain bola, tapi juga bagaimana memupuk rasa sportivitas saat pertandingan dan membangun kerjasama tim yang baik,” kata Nurhidayat.

Ajang AQUA Danone Nations Cup juga mendapatkan dukungan dari pelatih timnas U-19, Indra Sjafri. Indra menyatakan bahwa untuk menemukan pemain-pemain timnas di masa depan memerlukan pembinaan yang baik.

“Kami harus mengapresiasi AQUA Danone ini yang menjadi ajang untuk melahirkan tulang punggung timnas. Karena ini berkaitan dengan usia dini. Pembinaan usia muda itu ada grassscrot yang bertahap, dari usia 10 tahun, 13 tahun dan ini sangat membantu sekali,” kata Indra.

“Saya berharap pemain-pemain ini bisa menjadi generasi baru yang berkualitas. Jangan sama dengan Nurhidayat, tapi harus lebih baik. Kalian juga harus berlatih, belajar yang baik karena pemain juga harus orang-orang cerdas,” harap Indra.(exe/ist)

Hasil Drawing Final Nasional AQUA Danone Nations Cup 2018:

Grup A
Banten
Sumatera Utara
Aceh
Kepri

Grup B
DKI Jakarta
Jawa Barat 1
Jawa Barat 2
Jawa Tengah

Grup C
Bali
Kalimantan Timur
Jawa Timur
Jawa Timur 2

Grup D
Papua
Nusa Tenggara Timur
Sulawesi Barat
Sulawesi Utara


0 Komentar