Selasa, 10 Juli 2018 22:16 WIB

Bukan Agrikultur, Susi Tegaskan Indonesia Negara Bahari

Editor : Yusuf Ibrahim
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Indonesia dari dulu memang terkenal sebagai negara agrikultur.

Namun, 71% wilayah Indonesia merupakan laut, sementara hanya 29% nya merupakan daratan. Sebenarnya Indonesia bukan negara agrikultur namun merupakan negara bahari, hal tersebut dikatakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

"71% wilayah Indonesia adalah laut. Luas laut kita 5,8 juta kilometer persegi, panjang laut kita 97.000 kilometer. Namun, selama berpuluh tahun kita tidak dikenalkan tidak didekatkan dan tidak cinta laut, bekerja di laut, karena kita didoktrin sebagai negara agrikultur," kata dia di depan 200 Para Penjaga Laut saat silaturahmi di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Selasa (10/07/2018).
 

Ia menjelaskan, semua langkah yang ia lakukan merupakan hasil dari sebuah eksekusi. Sejak dahulu sudah banyak peraturan resmi mengenai hukuman pencurian ikan. Namun, belum ada yang berani mengeksekusi. 


Ia menjelaskan, pencurian ikan dari dulu sudah banyak di Indonesia. Baik pencuri dari kapal besar sampai kapal kecil, kebiasaan tersebut sudah menjadi awan dan akhirnya menjadi budaya masyarakat saat ini karena tidak diberikan pembelajaran untuk mencintai laut.

"Dulu ikan banyak yang hilang. Kalau saya nggak jadi menteri kita nggak tahu kalau ikan kita hilang," kata dia.

"Caari aturan, lihat UU, mulai rapat dengan presiden, akhirnya memutuskan eeksekusi. Satu-satunya cara untuk menjaga semua, cuma eksekusi. Kami tenggelamkan dan beritakan," kata dia.(exe/dtik)


0 Komentar