Selasa, 10 Juli 2018 13:23 WIB

Kapal 'Bus Wisata Air' di Palembang Dipastikan Beroperasi Sebelum Asian Games

Editor : Yusuf Ibrahim
Kapal untuk wisata air di Sungai Musi, Kota Palembang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kemenhub mengirimkan 5 kapal untuk wisata air di Sungai Musi, Kota Palembang.

Kapal 'Bus Wisata Air' ini dipastikan beroperasi sebelum Asian Games mendatang. "Beberapa waktu yang lalu Pak Wali Kota (Harnojoyo) telah berkomunikasi dengan Menhub soal bantuan kapal atau bus air untuk menunjang pariwisata. Bersyukur hari ini sudah sampai Palembang," kata Kepala Dinas Perhubungan Palembang, Kurniawan, Selasa (10/07/2018).

Dikatakan Kuniawan, bus wisata air yang disepekati diterima Pemkot Palembang adalah 5 unit. Namun saat ini baru ada 4 unit yang tiba dan bersandar di dermaga Kertapatih untuk dilakukan uji coba dan beroperasi sementara.

Bus berkapasitas 20 penumpang ini pun diketahui memiliki spesifikasi yang baik karena memiliki mesin ganda mencapai 500 PK. Bahkan tersedia fasilitas cukup lengkap berupa AC dan GPS. Termasuk interior di dalam ruangan cukup indah.

"Spesifikasinya saya rasa sudah sangat baik, apakah itu mesinnya atau fasilitas pendukung lain. Bus ini siap beroperasi sebelum Asian Games untuk membawa atlet dan official yang ingin menikmati destinasi wisata di Sungai Musi," kata Kurniawan.

Sebelum bus wisata air datang, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani menyebut saat ini pemkot akan membangun 3 dermaga wisata di tepian Sungai Musi. Ketiga dermaga itu ada di Pulau Kemaro, Kampung Arab 13 Ilir dan Benteng Kuto Besak (BKB).

"Untuk di Palembang sebenarnya sudah ada sekitar 8 dermaga, tetapi itu bukan standar dermaga wisata karena hanya bisa menampung speedboat dan perahu kecil saja. Sedangkan untuk 3 dermaga yang akan dibangun, kita sudah sediakan sekitar Rp 3 miliar," kata Isnaini.

Untuk diketahui, Palembang merupakan pusat kota yang dibelah oleh Sungai Musi. Keberadaan Sungai Musi ini pun telah menjadi ikon Kota Palembang selain pempek dan Jembatan Ampera yang menarik minat wisatawan.

Banyak destinasi wista di tepian Sungai Musi yang belum terkelola dengan baik karena terbatasnya transportasi air. Mulai dari Pulau Kemaro, Kampung Baba Boendjit, Sungai Sekanak, Kampung Mural, Jembatan Ampera, BKB hingga ke Kampung Kapitan.(exe/dtik)


0 Komentar