Selasa, 10 Juli 2018 11:16 WIB

Jokowi Libatkan KPK untuk Kaji Integritas Cawapresnya

Editor : Eggi Paksha
Kepala Badan Bantuan Hukum PDI Perjuangan, Junimart Girsang. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut telah mengantongi nama-nama bakal calon wakil presidennya.

Kepala Badan Bantuan Hukum PDI Perjuangan, Junimart Girsang, mengatakan Jokowi juga melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengkaji integritas cawapresnya. "Iya (minta masukan ke KPK)," kata Junimart, Selasa (10/07/2018).

Junimart menjelaskan masukan itu dimaksudkan agar Jokowi mendapatkan gambaran terkait integritas para wakilnya nanti. Terutama, apakah calon wakilnya tersebut bersih dari tindak pidana korupsi. "Masukan dalam arti beliau ingin mendapat gambaran," ujarnya.

Junimart menjelaskan, meminta masukan kepada pihak ketiga yang kompeten selama ini memang telah menjadi ciri Jokowi. Dia kemudian mencontohkan saat Jokowi meminta masukan KPK terkait integritas calon menteri di kabinetnya. "Tapi itu kan tidak menjadi tolak ukur, tolak mutlak. Semua kembali pada beliau untuk memutuskan," ujarnya.

Seperti diketahui, saat akan memilih para menterinya, Jokowi menyodorkan nama-nama calon menteri tersebut ke KPK dan PPATK. Tujuannya, agar kedua lembaga tersebut mengkaji integritas calon-calon menterinya tersebut.(exe/dtik)


0 Komentar