Jumat, 06 Juli 2018 12:54 WIB

PD Disebut Tengah Jaga Nama AHY Tak Redup

Editor : Eggi Paksha
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Partai Demokrat dan Partai Gerindra membuka peluang koalisi Prabowo Subianto-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

PPP menduga tawaran PD itu merupakan upaya menjaga nama AHY tak redup. "Dari seringnya utak-atik komposisi nama, kelihatan jika kawan-kawan Demokrat berusaha keras untuk menjaga ritme agar popularitas AHY tidak redup," kata Wasekjen PPP, Achmad Baidowi, kepada wartawan, Jumat (06/07/2018).

Menurut Awiek- sapaan Baidowi, sudah banyak komposisi capres-cawapres yang melibatkan nama AHY. Dia menyebut, hal itu tentu tidak masalah. 

Namun perlu diperhatikan juga soal kecukupan kursi, kapasitas, dan elektabilitas calon yang diusung.

"Politik itu segala kemungkinan tapi ada ukurannya. Yang terpenting bagi koalisi adalah memiliki kecukupan kursi, calon layak jual, dan memiliki kapasitas," ujar Awiek.

Soal sosok AHY, Awiek kemudian menyinggung pengalaman putra Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu yang masih terbilang baru di bidang politik. Dia juga membicarakan karier militer AHY yang hanya sampai tingkat mayor.

"Itulah yang menjadi salah satu ganjalan bagi AHY. Di politik masih baru, dan belum memegang kendali partai. Di birokrasi juga belum pengalaman. Di militer pun hanya sampai mayor," kata Awiek. 

"Tapi dalam politik semua bisa saja terjadi. Paling tidak pengalaman AHY di Pilkada DKI menjadi barometer tersendiri," imbuhnya.

Awiek menambahkan, saat ini koalisi Presiden Joko Widodo solid dan terus melakukan konsolidasi. Dia menyebut, Jokowi siap menghadapi siapapun penantangnya di Pilpres 2019.

"Itulah bedanya yang di koalisi Jokowi masih solid dan fokus konsolidasi. Sementara poros lain belum terbentuk dan masih utak-atik komposisi. Mau poros Prabowo ataupun poros baru semuanya belum jelas. Jika Prabowo-AHY jadi berpasangan, ya bagus-bagus saja berarti confirm Jokowi ada pesaing," tegasnya.


Partai Demokrat (PD) dan Gerindra mulai menjalin peluang koalisi di Pilpres 2019. Kedua partai ini telah membahas peluang duet Prabowo Subianto dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pembahasan soal upaya koalisi tersebut dilakukan Waketum PD Syarief Hasan dengan Prabowo Subianto di rumah Ketum Gerindra tersebut, pada Kamis (5/7). Syarief membawakan pesan Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Prabowo.(exe/ist)


0 Komentar