Rabu, 04 Juli 2018 12:24 WIB

Polda Metro Tegaskan Perjalan para Atlet Asian Games akan Gunakan Dua Jalur

Editor : Eggi Paksha
Ilustrasi Ditlantas Polda Metro Jaya. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Polda Metro Jaya menggelar simulasi pengamanan jelang perhelatan Asian Games 2018.

Simulasi hari ini lebih kepada penghitungan perkiraan waktu penjemputan atlet. Lokasi simulasi dimulai dari lokasi penjemputan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (04/072018) sekitar pukul 10.15 WIB.

"Ini asumsinya hari ini kita menjemput atlet. Ini kita hitung (dari Bandara Soekarno Hatta) sampai ke Senayan itu berapa menit. Nanti dari wisma (atlet) kita ke venue di GBK (Gelora Bung Karno) kita hitung lagi. Nanti dari GBK balik ke wisma itu kita hitung kembali," kata Kepala Bagian Pembinaan Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Darmanto, di lokasi penjemputan.

Seluruh jalur yang akan dilalui oleh para atlet saat penjemputan mulai dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten hingga ke Gelora Bung Karno (GBK) akan disterilkan dari lalu lintas masyarakat umum. Ini karena perhelatan Asian Games menjadi sebuah prioritas. 

"Iya (seluruh jalan yang dilalui para atlet akan dikosongkan). Pada saat hari H kita mainnya seperti itu. Pola yang kita gunakan, kalau sekarang belum. Karena (Asian Games) ini mesti prioritas," sebutnya.

Lebih lanjut ia menuturkan alasan mengapa simulasi tersebut dilakukan pada siang hari. Dia mengungkapkan, pihaknya perlu mengukur perkiraan waktu pergerakan atlet dari bandara-wisma atlet-GBK ketika di jam-jam padat.

"Kemudian kita kenapa ambil siang hari? Kita asumsikan nanti pada saat rush hours. Kita asumsikan pada saat lalu lintas itu padat seperti apa. Itu lah nanti kita evaluasikan," ujarnya.

Darmanto juga menyebut, perjalan para atlet Asian Games akan menggunakan dua jalur. Antara lain, jalur tol dan jalur arteri.

"Ada yang melalui jalur tol ada yang (melalui) jalur arteri. Jadi satu kegiatan PP (pulang-pergi) itu pakai jalan tol. Terus kegiatan berikutnya itu pakai jalur arteri," tutur Darmanto.

Hingga saat ini simulasi pengukuran estimasi waktu penjemputan atlet masih berlangsung. Pihak PMJ tengah mengukur estimasi perjalanan dari Bandara Soekarno Hatta menuju wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat.(exe/ist)


0 Komentar