Kamis, 28 Juni 2018 11:14 WIB

PDI P Menang di 6 Provinsi di Pilkada 2018

Editor : Rajaman
Hasto Kristiyanto. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pelaksanaan pemungutan suara pada rangkaian pemilihan kepala daerah (pilkada) telah usai. Dari 17 Pilkada di tingkat provinsi, PDI Perjuangan diketahui menang di 6 daerah, yaitu Bali, Jawa Tengah, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Sulawesi Selatan.

“Untuk Pertama kalinya Bali dipimpin kader Partai. Dari 6 provinsi tersebut terdapat 4 kader Partai yang menjadi gubernur dan 3 kader jadi wakil gubernur," ujar Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto dalam keterangan pers, Kamis (28/6/2018).

Sedangkan di tingkat kabupaten kota, dari total 154 Kabupaten Kota, PDI Perjuangan hanya berpartisipasi di 152 daerah. Hasto menerangkan, dari 152 yang diikuti, PDI Perjuangan menang di 91 (60%) daerah dan kalah di 59 daerah. Sementara itu dari 91 daerah yang dimenangi PDI Perjuangan, kader PDI Perjuangan yang menjadi kepala daerah 33 orang dan wakil kepala daerah 38 orang.

“Kemenangan PDI Perjuangan berada di tingkat kabupaten kota. Yang menggembirakan jumlah kader Partai yang terpilih semakin banyak. Dengan demikian tolok ukur yang paling riil dalam pilkada ditentukan oleh jumlah kader yang berhasil menjabat sebagai kepala dan wakil kepala daerah, sebagai buah dari proses pendidikan politik kader," jelasnya.

Hasto mengungkapkan yang menjadi fokus utama PDI Perjuangan saat ini adalah persiapan menuju pileg dan pilpres. Ia mengaku jumlah kader yang menjadi kepala dan wakil kepala daerah PDI Perjuangan telah meningkat secara signifikan dari 214 pada lima tahun sebelumnya, menjadi 345 orang.

"Prestasi dan kinerja para kader ini yang akan menjadi wajah partai dalam memenangkan pileg dan pilpres. Pileg dan Pilpres di depan mata, disitulah konsentrasi utama kami saat ini," tuturnya.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat, di provinsi Bali dimenangkan pasangan calon (paslon) Wayan Koster - Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, di Jawa Tengah dimenangkan paslon Ganjar Pranowo - Gus Yasin, di Maluku dimenangkan oleh Murad Ismail - Barnabas Orno.

Sedangkan untuk di Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba - Yasin Ali unggul, di Sulawesi Selatan dimenangkan oleh paslon Nurdin Abdullah - Sudirman Sulaiman. Sementara itu, Hasto juga mengklaim kemenangan juga diraih PDI Perjuangan di Papua. Padahal Papua sendiri masih akan melangsungkan pemungutan suara susulan di dua kabupaten, Nduga dan Paniai karena masalah keamanan 


0 Komentar