Rabu, 27 Juni 2018 18:00 WIB

Komentar SBY Soal Pilkada 2018, Pileg dan Pilpres 2019

Editor : A. Amir
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyebut hasil Pilkada serentak 2018 bisa berpengaruh dengan Pilpres 2019. Namun parpol menurut SBY tetap harus bekerja menghadapi pemilu 2019.

"Ada yang menanyakan apakah pilkada ini otomatis berkaitan langsung dengan pilpres jawabannya iya dan tidak. Pilkada itu kan memilih calon gubernur, bupati dan wali kota, superstarnya itu calon bupati, calon wali kota, calon gubernur dan wakilnya, bukan partai politiknya," kata SBY kepada wartawan di DPP Demokrat, Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018). 

SBY mengatakan, parpol pengusung calon yang memenangkan pilkada belum tentu menang di Pileg 2019. Namun, bila calon yang menang menunjukkan kinerja baik, maka akan membawa pengaruh positif terhadap parpol pengusung.

"Jadi saya katakan bisa ada kaitannya kalau itu menjadi sebuah motivasi baru, semangat baru untuk berjuang lebih gigih ke depan. Tapi kalau banyak yang menang tidak berarti sudah selesai dan pasti Pemilu tahun depan Demokrat juga akan sukses. Tidak boleh begitu, kita akan berjuang habis-habisan," tutur SBY. 

Sementara itu, Komandan Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berbicara mengenai hasil sementara pilkada serentak versi quick count. AHY juga memperhatikan perolehan suara Sudrajat-Ahmad Syaikhu yang lebih tinggi dibanding Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar. 

"Mengejutkan memang adanya peningkatan signifikan dari pasangan calon nomor 3 yang menurut kami mendapat peningkatan suara yang luar biasa di hari pencoblosan ini. Banyak faktor mungkin yang bisa kami dapatkan dari lapangan," ujar AHY.


0 Komentar