Selasa, 26 Juni 2018 13:10 WIB

Ronaldo Ukir Rekor Negatif

Editor : Yusuf Ibrahim
Cristiano Ronaldo. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cristiano Ronaldo gagal mengeksekusi penalti buat Portugal saat timnya diimbangi Iran 1-1 di Piala Dunia 2018.

Kegagalan itu membuatnya mengukir rekor tak enak. Portugal memastikan tiket lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 dengan predikat runner-up Grup B di bawah Spanyol. Kedua tim sama-sama punya 5 poin dengan selisih gol setara, tapi La Roja unggul tipis produktivitas gol ketimbang Selecao das Quinas.

Dalam pertandingan itu Ronaldo, yang di dua laga sebelumnya memborong seluruh gol Portugal (4 gol), sebenarnya punya peluang menambah pundi-pundi golnya di Piala Dunia 2018. Tapi eksekusi penaltinya dari titik putih digagalkan kiper Alir Beiranvand.

Ronaldo pun kini membuat rekor tak enak sebagai pemain Portugal pertama yang gagal mengeksekusi penalti di waktu normal laga Piala Dunia (alias mengecualikan babak adu penalti).

Itu juga merupakan kali keenam Ronaldo gagal menjalankan tugas sebagai eksekutor penalti Portugal, dari total 14 kesempatan yang pernah ia dapatkan dari titik putih.

BBC turut mencatat bahwa dua dari tiga penalti yang pernah diambil Ronaldo di ajang Piala Dunia adalah ketika menghadapi Iran; sebelumnya Ronaldo mampu menjebol gawang Iran dari titik putih di Piala Dunia 2006.

Satu penalti lain Ronaldo di gelaran Piala Dunia terjadi di awal fase grup Rusia 2018, ketika Portugal berimbang 3-3 dengan Spanyol. Ronaldo mencetak hat-trick, diawali dengan eksekusi penalti.

Sementara di turnamen besar (Piala Dunia dan Piala Eropa), persentase sukses Ronaldo dalam mengeksekusi penalti Portugal kini menjadi 50%. Selain tiga penalti di Piala Dunia (2 sukses dan 1 gagal), Ronaldo juga pernah gagal penalti ketika Portugal berimbang tanpa gol lawan Austria di fase grup Piala Eropa 2016.(exe/ist)


0 Komentar