Jumat, 22 Juni 2018 13:14 WIB

Komentari Kualitas Arus Mudik, MUI Harap Transportasi Massal Bisa Lebih Dioptimalkan

Editor : Yusuf Ibrahim
Ilustrasi pemudik yang menggunakan sepeda motor. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid, mengapresiasi pemerintah dan jajaran kepolisian karena telah mengatur jalannya arus mudik Lebaran dengan lancar.

Zainut menyebut arus mudik Lebaran tahun ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. "MUI memberikan apresiasi kepada pemerintah khususnya kepada aparat kepolisian yang telah bekerja keras mempersiapkan, mengatur dan mengamankan jalannya arus mudik lebaran sehingga event tahunan itu berjalan dengan lancar, tertib, aman dan nyaman, tidak ada hambatan yang cukup signifikan," kata Zainut dalam keterangan persnya, Jumat (22/06/2018).

Zainut menyebut kelancaran arus mudik itu dipengaruhi dari penambahan infrastruktur jalan dan juga pengelolaan rekayasa lalu lintas. Dia menilai kemacetan selama arus mudik bisa teratasi dengan baik.

"Lancarnya arus mudik karena ada beberapa faktor, penambahan infrastruktur jalan maupun pengelolaan rekayasa lalu lintas dari aparat kepolisian dan Kemenhub, serta tingkat kesadaran para pemudik mengikuti petunjuk dan informasi dari para petugas di lapangan, sehingga beberapa potensi kemacetan dapat diatasi dengan baik," terangnya.

Dia menambahkan angka kecelakaan kendaraan bermotor berkurang signfikan pada tahun ini. Zainut menyebut pengaturan lalu lintas kendaraan juga lebih tertib dan teratur. 

"Menurut pengamatan kami pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya dengan indikator jumlah korban kecelakaan kendaraan bermotor menurun, pengaturan arus lalu lintas kendaraan lebih tertib dan teratur, lantaran kesigapan anggota kepolisian dan petugas pendukung lainnya melalui rekayasa buka tutup dan pengaturan contra flow ruas jalan," imbuhnya.

Tak lupa, MUI juga mengapresiasi kepada para petugas pendukung kelancaran mudik Lebaran lainnya seperti perhubungan, kesehatan, transportasi, keamanan, Basarnas yang telah bekerja maksimal dan melayani para pemudik. Sebab, dengan kerja keras mereka banyak pemudik yang bisa bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

"Kepada semua pihak yang telah menunjukkan kinerja dan dedikasi tinggi, MUI mengucapkan terimakasih sehingga umat Islam dapat menunaikan kewajiban bersilaturahmi bersama keluarga di kampung halaman dengan lancar, aman dan nyaman," tuturnya.

Meski pelaksanaan arus mudik sudah lebih baik, MUI berharap transportasi massal bisa lebih dioptimalkan. Diharapkan angka kecelakaan di jalan raya bisa makin berkurang. 

"Ke depan, MUI berharap Pemerintah lebih mengoptimalkan sarana pendukung transportasi massal seperti kereta api, kapal laut dan bus berbiaya murah. Hal ini akan mengurangi pemudik yang menggunakan sepeda motor sehingga dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya," pungkasnya.(exe/ist)


0 Komentar