Kamis, 21 Juni 2018 03:39 WIB

Nurdin Abdullah - Andi Sudirman Unggul di Pilgub Sulsel

Editor : A. Amir
M. Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Survei Indo Barometer menunjukkan, elektabilitas pasangan M. Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman lebih tinggi dibandingkan tiga pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur lainnya yang berkontestasi dalam Pilkada Sulawesi Selatan 2018. Ini dikemukakan Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari dalam konferensi persnya di hotel kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (20/6/2018).

"Di Sulawesi Selatan pasangan calon yang memiliki elektabilitas tertinggi Nurdin Abdullah dan Andi Sudirman Sulaiman," kata M. Qodari

Pasangan tersebut dipilih oleh 31,8 persen responden disusul pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Muzakkar yang dipilih 20,4 persen responden. Sementara, urutan kedua dan ketiga yakni pasangan M. Nurdin Halid-Abd Aziz Qahhar Mudzakkar yang dipilih 18 persen responden dan pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo yang dipilih 7,1 persen responden. "Responden yang memilih tidak menjawab atau tidak menandai apapun di surat suaranya, yakni sebesar 22,7 persen," ujar

Qodari mengatakan elektabilitas empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan ini mengalami kenaikan dari survei yang dilakukan sebelumnya pada Januari 2018. 

Kala itu, pasangan Nurdin-Andi memperoleh suara 26,1 persen, Ichsan Limpo-Andi Muzakkar 16,3 persen, M. Nurdin Halid-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar 15,9 persen dan Agus Arifin Nu'mang-Tanribali Lamo 5,4 persen.

Menurut Qodari, sebagai calon gubernur elektabilitas Nurdin Abdullah juga menempati posisi puncak. Kader PDIP itu memiliki elektabilitas sebesar 31 persen, Ichsan Limpo 19,6 persen, Nurdin Halid 17,6 persen dan Agus Arifin Nu'mang 6,3 persen. 

Sedangkan calon wakil gubernur yang memiliki elektabilitas tinggi yakni Andi Sulaiman 22,9 persen, diikuti Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar 15,9 persen, Andi Muzakkar 14,8 persen dan Tanribali Lamo dengan 5,3 persen. 

Dalam Pilgub Sulsel 2018, pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sulaiman diusung oleh PDIP, PAN, dan PKS. Pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar diusung oleh Golkar, Nasdem, Hanura, PKB, dan PKPI. 

Kemudian Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar maju lewat jalur independen dengan dukungan 501.046 orang. Sementara pasangan Agus Arifin Nu'mang-Tanri Balilamo diusung oleh Gerindra, PPP, dan PBB.

Qodari menjelaskan dalam survei kali ini metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,46 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. (AA)


0 Komentar