Rabu, 20 Juni 2018 12:36 WIB

AP II Ingin Tambahan Tiga Skytrain di Bandara Soetta Dipercepat

Editor : Eggi Paksha
Rangkaian kereta layang (skytrain) di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- PT Angkasa Pura II bakal menambah 3 rangkaian kereta layang (skytrain) di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Rencananya tambahan 3 rangkaian kereta baru tersebut akan mulai ada di Bandara Soetta pada September 2018.

Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin, menjelaskan dalam menambah 3 trainset skytrain ini pihaknya masih bekerja sama dengan pabrikan perusahaan asal Korea Selatan, Woojin. Dia mengatakan bahwa Woojin telah siap memenuhi pesanan dari AP II untuk dikirim pada September nanti.

"Untuk trainset akan datang kita estimasikan September 3 trainset baru. Mudah-mudahan nanti Juli ini, mereka sudah siap di Woojin, di Korea, jadi mereka tinggal memfinalkan dan melengkapi untuk final sistemnya, kemudian nanti proses delivery, pengiriman, kita harapkan September sudah datang," kata Awaluddin, Jakarta, Rabu (20/06/2018).

Namun begitu, Awaluddin mengatakan pihaknya berupaya agar pengiriman kereta dipercepat pada Agustus mendatang. Hal itu layanan trainset bisa mendukung gelaran Asian Games.

"Saya mau mau coba kalau bisa mereka sudah kirim Agustus, secepatnya, kan kita ada Asian Games, saya minta coba kirim untuk dukung itu," jelasnya.

Dengan adanya 3 tambahan trainset baru itu, maka Bandara Soetta bakal memiliki total 6 rangkaian Skytrain. Namun, Awaluddin mengatakan pihaknya tidak akan mengoperasikan seluruh rangkaian tersebut. Dia bilang, nantinya trainset yang dioperasikan ada 4 unit, sementara sisanya untuk keadaan siaga atau standby.


"Sekarang kan kita sudah ada 3 trainset, yang dioperasikan 2, 1 standby. Nah nanti kita akan operasikan juga 2 trainset dan 1 standby. Jadi yang kita operasikan 4 trainset, 2 standby," jelasnya.(exe/dtik)


0 Komentar