Kamis, 14 Juni 2018 12:51 WIB

Penumpang Maskapai Penerbangan Tumbuh Hingga 11% Selama Liburan Idul Fitri

Editor : Amri Syahputra
Penumpang pesawat berbaris di konter check-in di Terminal 1C Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang

JAKARTA, Tigapilarnews.com _ Kementerian Perhubungan telah memproyeksikan bahwa jumlah penumpang yang bepergian melalui udara akan tumbuh sekitar 10 hingga 11 persen selama liburan panjang Idul Fitri.

Proyeksi ini didasarkan pada jumlah kursi maskapai penerbangan yang dijual selama periode mudik (eksodus), kata Agus Santoso, direktur jenderal transportasi udara kementerian.

"Kami memperkirakan bahwa jumlah total penumpang (maskapai) akan mencapai 5,9 juta, atau naik 10 persen menjadi 11 persen dibandingkan tahun lalu," katanya pada hari Rabu.

Agus mengatakan maskapai penerbangan membukukan jumlah penumpang tertinggi dari semua moda transportasi selama liburan Idul Fitri tahun ini.

Dia menunjukkan bahwa pergeseran tren telah terjadi selama Idul Fitri mudik tahun ini sebagai periode puncak adalah Sabtu lalu, atau enam hari sebelum perayaan pada hari Jumat.

Tahun lalu, periode puncak mudik terjadi hanya dua hari sebelum perayaan, katanya, menambahkan bahwa tren perubahan disebabkan oleh hari libur kolektif yang lebih panjang saat ini.

Pemerintah pada bulan Mei memutuskan untuk mempertahankan keputusan bersama menteri (SKB) keputusan, yang mengatur liburan kolektif mulai dari 11 hingga 20 Juni meskipun protes dari pengusaha dan Bursa Efek Indonesia (BEI) karena mungkin mengganggu kegiatan ekonomi.

Namun, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan liburan yang lebih panjang dapat membantu meningkatkan arus lalu lintas, yang biasanya melihat kemacetan berat, serta menyediakan cukup waktu bagi orang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga mereka.


0 Komentar